Cara Pakai Retinol untuk Pemula, Catat Nih!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 12:24
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara pakai retinol untuk pemula (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pakai retinol untuk pemula (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Apakah kamu sudah mengetahui cara pakai retinol untuk pemula?
ADVERTISEMENT
Pemakaian retinol ini memang enggak bisa dilakukan sembarangan lho, makanya kamu perlu mengetahui beberapa hal penting ini!
Sebagai cewek, ada berbagai permasalahan kulit yang mungkin saja kamu alami. Mulai dari kulit berjerawat, kulit berminyak, kulit kering, flek hitam, sampai munculnya tanda-tanda penuaan kulit dini di wajah.
Buat mengatasi masalah yang bisa muncul pada kulit ini, kamu bisa menggunakan bermacam produk skincare yang memiliki bahan kandungan aktif, termasuk retinol. Apalagi, produk perawatan kulit yang mengandung retinol ini, beberapa tahun terakhir memang sedang banyak digunakan oleh kaum hawa.
Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati nih sebelum memakai skincare yang mengandung retinol. Dilansir laman Dermstore, retinol merupakan salah satu bahan kandungan skincare yang sangat keras. Makanya pemakaiannya perlu sangat diperhatikan.
ADVERTISEMENT
Buatmu yang kini sedang ingin mencoba skincare yang mengandung retinol. Sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara pakai retinol untuk pemula.
Gimana caranya? Simak selengkapnya di sini ya!

Cara Pakai Retinol untuk Pemula

Ilustrasi cara pakai retinol untuk pemula (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pakai retinol untuk pemula (Sumber: Pexels)
Retinol sendiri merupakan komponen turunan dari vitamin A yang sering digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Cara kerja retinol adalah mempercepat pergantian sel kulit mati serta memungkinkan pembentukan sel-sel kulit baru melalui pengelupasan alami lapisan kulit yang mati tersebut.
Selain itu, retinol juga bisa menjaga kulit agar tidak kusam, kering, dan meminimalisasi risiko timbulnya jerawat.
Berdasarkan laman Lifestyle Asia, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan skincare berbahan retinol ini, antara lain:

1. Pilihlah Skincare Mengandung Retinol yang Tepat

Pemilihan produk yang mengandung retinol yang tepat bisa meminimalisir efek samping yang bisa terjadi.
ADVERTISEMENT
Untuk kamu yang memiliki kulit normal, kamu bisa menggunakan komponen retinol yang murni. Sementara itu, bagi yang kulitnya berminyak dan cenderung berjerawat direkomendasikan untuk menggunakan adapalene.
Sedangkan bagi kamu yang kulitnya sensitif, bisa memilih produk yang mengandung retinyl palmitate, yang merupakan kombinasi retinol dengan asam palmitate.

2. Jangan Menggunakan Produk Retinol Terlalu Banyak

Ilustrasi cara pakai retinol untuk pemula (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pakai retinol untuk pemula (Sumber: Pexels)
Untuk pemula, sebaiknya jangan dulu menggunakan produk retinol terlalu banyak. Cukup gunakan retinol seukuran kacang polong. Lalu secara perlahan tingkatkan intensitasnya jika dirasa sudah cocok pada kulitmu.
Kamu bisa memulai menggunakan retinol selama sekali dalam seminggu. Kemudian dinaikkan menjadi dua kali selama seminggu, lalu naik lagi menjadi tiga kali. Barulah setelah itu, kamu bisa menggunakannya setiap malam.

3. Jangan Menggunakan Beberapa Produk Sekaligus

Perlu kamu perhatikan juga kalau pemakaian retinol enggak dianjurkan berbarengan dengan produk eksfoliasi atau produk yang mengandung benzoil peroksida.
ADVERTISEMENT
Misalnya produk eksfoliasi yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA). Pasalnya, apabila retinol digunakan bersamaan dengan kandungan tersebut, bisa berisiko membuat kulit menjadi kering, mudah mengelupas, bahkan iritasi.

4. Gunakan Retinol dengan Metode Sandwich

Untuk mengurangi risiko iritasi, kamu bisa memakai produk retinol ini dengan metode sandwich. Caranya adalah dengan menggunakan pelembap atau moisturizer terlebih dahulu.
Apabila sudah meresap, kamu bisa mengaplikasikan produk retinol tersebut. Tunggu beberapa saat, lalu lapisi lagi dengan menggunakan moisturizer untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Itulah dia cara pakai retinol untuk pemula. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya!
(AN)