Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit, Apa Saja?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
22 November 2021 16:50
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit, Apa Saja? Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit, Apa Saja? Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
Mengingat kulit wajah yang rapuh, penting pula untuk mengetahui efek samping masker kopi. Pasalnya, kopi sering kali menjadi bahan yang kontroversial bagi kesehatan tubuh. Buat tahu selengkapnya, simak informasi berikut, ya.
ADVERTISEMENT
Selain meningkatkan energi tubuh, kafein juga dapat memengaruhi organ tubuh lainnya. Khususnya, otak karena kandungan kopi ini mampu menghambat bahan kimia pada tubuh sehingga mengalami sakit kepala. Ditambah pemakaian kopi secara berlebih dapat mengubah kondisi kulit.
Meski tak sepenuhnya berbahaya, kopi juga memiliki beberapa manfaat yang sehat untuk kulit. Misalnya, mengangkat sel kulit mati sehingga teksturnya lebih halus dan bersih. Maka, coba perhatikan penggunaan kopi yang tepat, ya.

Efek Samping Masker Kopi

Ilustrasi Efek Samping Masker Kopi Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Efek Samping Masker Kopi Foto: Pexels
Dilansir shethepeople, berikut efek samping masker kopi:
1. Menyebabkan penuaan dini
Perlu kamu tahu bahwa kafein dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Akibatnya, ini dapat meningkatkan pertumbuhan racun pada tubuh yang memengaruhi kulit. Oleh sebab itu, penggunaan kopi yang berlebih bisa membuat kulit mengalami penuaan dini.
ADVERTISEMENT
2. Menimbun sel kulit mati
Apabila kamu menggunakan varian kopi seperti latte atau cappuccino, harap hati-hati terhadap kandungan susunya. Lantaran, susu dan produk sejenis lainnnya akan menghambat produksi minyak alami pada tubuh. Alhasil, tubuh menjadi sarang bagi sel kulit mati yang menempel pada satu sama lain.
3. Memicu potensi jerawat
Jika kamu sering mengandalkan kopi untuk menyegarkan wajah, sebaiknya kurangi penggunaan yang berlebih. Secara bersamaan, kopi juga akan meningkatkan risiko stres yang tinggi.
Mengingat sifat keras kopi, ada kemungkinan peningkatan salah satu hormon stres bernama kortisol dapat meningkatkan produksi minyak alami. Maka dari itu, kamu jadi lebih rentan dalam mengalami potensi jerawat.
4. Menambahkan masalah kulit lainnya
Sering menambahkan gula pada kopi? Justru, tambahan gula ini dapat memengaruhi produksi kolagen pada kulit. Fenomena ini disebut dengan glikasi di mana terdapat glukosa berlebih pada kulit sehingga memengaruhi nutrisi lainnya.
ADVERTISEMENT
Ada kemungkinan nutrisi ini esensial bagi tekstur kulit yang halus dan kencang. Oleh sebab itu, wajah jadi rentan mengalami penuaan dini, jerawat, atau rosacea.

Cara Membuat Masker Kopi yang Tepat

Ilustrasi Cara Membuat Masker Kopi Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Membuat Masker Kopi Foto: Pexels
Untuk menghindari efek samping masker kopi, kamu harus mencari tahu cara membuat masker kopi yang tepat. Salah satunya, yakni memadukan dengan bahan alami lain. Khususnya, minyak kelapa dan bubuk cinnamon.
Dengan perpaduan kandungan antibakteri, cinnamon cocok untuk mengatasi jenis kulit berjerawat. Ditambah minyak kelapa akan menghilangkan segala noda wajah sedangkan kopi akan melepaskan sel kulit mati.
Mengutip Urban Company, berikut cara membuatnya:
  • Siapkan 1 sdm bubuk kopi, ½ sdm minyak kelapa, dan ¼ sdt bubuk cinnamon.
  • Lalu, campurkan semua bahan hingga rata dan halus.
  • Kemudian, aplikasikan pada seluruh wajah yang bersih.
  • Bilas wajah kembali setelah 20 menit.
  • Tambahkan pelembap pada kulit.
  • Agar hasilnya maksimal, kamu bisa melakukannya sekali per minggu.
ADVERTISEMENT

Tips Penggunaan Masker Wajah

Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan oleh Hello Ladies, berikut tips terkait penggunaan masker wajah:
1. Cuci wajah dengan cleanser
Sebelum menggunakan masker, cuci wajah dahulu dengan cleanser. Wajah yang bersih dan segar akan memaksimalkan penyerapan masker. Sebaiknya gunakan air hangat dan facial cleanser yang tepat agar pori-pori kulit tetap terbuka.
2. Gunakan toner
Setelah itu, gunakan toner pada wajah untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan noda lainnya. Caranya, oleskan toner dari tengah hingga atas wajah dengan secarik kapas.
3. Aplikasikan masker wajah
Lalu, kamu bisa mengaplikasikan masker wajah, deh. Jangan lupa untuk mengikuti ketentuan yang dianjurkan, ya. Dengan begitu, hasilnya akan lebih terjamin efektif dan maksimal.
ADVERTISEMENT
4. Akhiri dengan pelembap
Selalu ingat untuk melakukan langkah terakhir ini. Meski kulit sudah terasa lembap, tambahkan pelembap yang sesuai sama jenis kulit. Alhasil, seluruh kandungan masker akan lebih terserap dengan aman.
Apa bahan yang cocok dicampurkan dengan masker kopi?
chevron-down
Apa manfaat utama masker kopi?
chevron-down
Bagaimana cara menjaga kelembapan kulit setelah eksfoliasi?
chevron-down
(AH)