Woman
·
10 September 2021 23:29
·
waktu baca 4 menit

Gaya Rambut Undercut Pria, Kekinian dan Stylish!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Gaya Rambut Undercut Pria, Kekinian dan Stylish! (230940)
searchPerbesar
Ilustrasi Gaya Rambut Undercut Pria, Kekinian dan Stylish! (Dok. Pinterest/allthingshair)
Guys, masih ragu mencoba gaya rambut undercut? Tak perlu khawatir karena model rambut ini justru tampak edgy dan trendy, lho. Yuk langsung simak ulasan lengkapnya!
ADVERTISEMENT
Sering kali tertukar dengan model pompadour, undercut menampilkan bagian rambut tipis yang seolah terpisah dari bagian atas kepala. Ditambah terdapat beragam variasi undercut yang siap menghias wajah kamu, nih. Mulai dari man bun, crop cut, hingga quiff.
Selain itu, penataan gaya rambutnya pun bisa disesuaikan dengan seleramu. Kamu bisa mencoba undercut pendek yang klasik, gaya disconnected yang kontras, atau model dengan belahan samping.

Apa itu Gaya Rambut Undercut?

Melansir Menshairstyles, gaya rambut undercut umumnya menampilkan ukuran rambut yang kontras pada samping dan atas kepala. Biasanya, rambut bagian atas kepala akan lebih panjang. Sementara, bagian samping dan belakang akan dicukur atau digunting.
Untuk mendapatkan gaya ini, kalian bisa mulai belajar cara memotong rambut sendiri terlebih dahulu. Kemudian, mulai ikat dan pisahkan bagian rambut yang bakal dibiarkan panjang. Pastikan bagian rambut yang tersisa memiliki tinggi yang sama pada sekeliling kepala, ya.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, mulai potong bagian rambut, mulai dari leher ke atas. Sebagai bantuan tambahan, kamu bisa menggunakan kaca untuk memotong bagian belakang yang sulit dipandang oleh mata.

Bentuk Wajah Mana yang Cocok untuk Gaya Undercut?

Sebenarnya semua bentuk wajah dapat bebas menggunakan gaya undercut. Namun, ada beberapa gaya dan ukuran yang memang lebih cocok untuk bentuk wajah tertentu.
Misalnya, variasi undercut klasik lebih cocok untuk bentuk wajah berlian dan kotak. Dengan siluet wajah yang minimalis dan halus, model rambut ini bakal membuat fitur wajah tampak seimbang.
Namun, hal ini tak menutup kemungkinan untuk variasi undercut lainnya yang cocok buat wajah panjang dan bulat. Hal terpenting adalah memerhatikan gaya undercut yang benar-benar seusai dengan keinginan dan kesesuaian tampilan wajah.
ADVERTISEMENT

Gaya Rambut Undercut Pria

Melansir All Things Hair, berikut beberapa gaya rambut undercut pria yang bisa kamu coba:
1. Undercut klasik
Gaya rambut undercut yang pertama merupakan undercut klasik untuk para pemula. Aslinya, bagian samping rambut tak perlu dipangkas hingga habis. Cukup cukur bagian tersebut menjadi lebih tipis.
Selain itu, kamu juga bebas memilih ukuran bagian atas kepala yang panjang. Undercut klasik hanya mengutamakan model rambut yang pendek.
Dalam hal penataan, kamu cukup sisir dengan biasa dan menggunakan pomade untuk gaya messy dan acak. Di sisi lain, kamu juga bisa menggantikan pomade dengan wax dan sisir rambut ke belakang untuk penataan yang rapi.
2. Disconnected
Berikutnya, gaya rambut undercut ini menunjukkan bagian atas dan bawah yang tampak terpisah. Cocok banget untuk para pria yang ingin terlihat cool dan segar.
ADVERTISEMENT
Untuk menambah sentuhan modern, kamu bisa padukan model disconnected dengan memberikan volume pada bagian atas rambut. Kemudian, gunakan hairspray agar model rambut bertahan lebih awet dan lama.
Namun, perhatikan juga kondisi kulit kepala, ya. Pasalnya, model disconnected ini juga bakal menampilkan bagian kulit kepala dengan jelas. Maka dari itu, jaga kulit kepala agar tetap bersih dan sehat.
3. Undercut dengan belahan samping
Ingin tampak rapi dan berbeda dari biasanya? Kamu bisa menggunakan undercut dengan belahan samping. Apabila rambut mulai panjang, cukup sisir ke samping pada satu sisi kepala.
Terkait penataan, kamu bisa memakai metode yang sama dengan model slicked back. Setelah itu, gunakan produk styling favorit mana pun dan mulai sisir rambut dengan sisir bergigi rapat.
ADVERTISEMENT
4. Quiff
Untuk tampilan undercut yang formal dan classy, kamu bisa menggunakan quiff. Sekilas mirip dengan pompadour, quiff memiliki perbedaan pada ukuran dan penataan rambut.
Apabila pompadour ditata ke atas dan belakang, quiff dibentuk dengan volume ke depan baru disisir ke belakang. Meski tampak simpel, volume rambut pada bagian depan akan membuat penampilan makin modis dan trendy.
5. Man Bun
Buat kalian yang penasaran dengan sensasi rambut panjang pada model pendek, man bun bisa menjadi pilihan andalanmu. Dalam menampilkan gaya man bun yang baik, kamu bisa potong bagian ujung rambut agar tak tampak kering dan bercabang. Jangan lupa untuk merapikan bagian undercut secara berkala, ya.
(AH)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white