Ini Dia Kepribadian MBTI Paling Langka yang Perlu Diketahui, Apa Saja Ya?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
17 Juli 2022 19:28
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
MBTI Paling Langka. Foto: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
MBTI Paling Langka. Foto: iStockphoto
ADVERTISEMENT
Kamu ingin tahu kepribadian MBTI paling langka yang terdapat dalam diri seseorang? Simak pada penjelasan berikut ini.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Mind Body Green, MBTI merupakan metode penilaian kepribadian seseorang yang akan dikategorikan ke dalam salah satu dari 16 kategori yang telah di tentukan berdasarkan tes yang telah dikerjakan. MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers sejak 1940. Tes MBTI ini dapat mengetahui kepribadian seseorang mengenai kecerdasannya, bakat yang dimiliki, karakter dirinya, dan hal lain dalam kepribadiannya.
Tes kepribadian ini terdiri atas dua hal, yakni introversion (I) dan extroversion (E) serta empat function yang terbagi menjadi rational function seperti thinking (T) - feeling (F), dan irrational function yang terdiri dari intuitive (N) - sensing (S).
Briggs dan Myers juga menambahkan dikotomi, yakni judgement (J) dan perception (P). Dikotomi tersebut menunjukkan apakah rational judgment atau irrational judgment yang lebih dominan pada diri seseorang ketika berinteraksi dengan lingkungan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Bustle, MBTI terdiri dari 16 tipe kepribadian. Dari 16 kepribadian tersebut ada beberapa kepribadian yang tergolong paling langka. Simak penjelasannya pada ulasan berikut ini, ya.

Kepribadian MBTI Paling Langka

1. INFJ

Ilustrasi kepribadian INFJ. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kepribadian INFJ. Sumber: iStockphoto
INFJ atau Introverted Intuitive Feeling Judging merupakan tipe kepribadian yang paling langka di dunia. Tipe kepribadian ini hanya ada 1,5 % di dunia. Salah satu ciri utama kepribadian INFJ adalah mereka cenderung introvert.
Menurut Dr. Sanam Hafeez, seorang neuropsikolog dan anggota fakultas di Universitas Columbia, sifat introvert menandakan bahwa dirinya cenderung memusatkan perhatian pada pikiran dan perasaan, dibandingkan dengan seseorang yang ekstrovert yang mengumpulkan energi mereka dengan aktif di lingkungan bersama orang-orang di sekitarnya.
Kepribadian ini sangat langka karena meskipun mereka introvert, mereka suka membantu orang lain dan bersosialiasi dengan orang lain. Hal ini sangat langka dalam diri seorang introvert.
ADVERTISEMENT

2. ENTJ

Ilustrasi kepribadian ENTJ  . Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kepribadian ENTJ . Sumber: iStockphoto
ENTJ atau Extroverted Intuition Thinking Judging adalah tipe kepribadian yang langka setelah INFJ. Menurut data MBTI, tipe ENTJ hanya ada 1,8% dari populasi dunia.
ENTJ dikenal sebagai pribadi yang terbuka dan memiliki hubungan luas dengan banyak orang. Seseorang dengan tipe kepribadian ini seringkali menilai segala sesuatu secara objektif. Mereka juga selalu memikirkan segala hal terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

3. INTJ

Ilustrasi kepribadian INTJ. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kepribadian INTJ. Sumber: iStockphoto
INTJ atau Introverted Intuitive Thinking Judging mencapai 2,1% dari jumlah populasi dunia.
Seseorang dengan tipe kepribadian ini tidak menyukai adanya hubungan dan juga interaksi di dunia luar. Mereka suka dengan tantangan yang sulit, serta mampu mengatur strategi dengan baik.

4. ENFJ

Ilustrasi kepribadian ENFJ  . Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kepribadian ENFJ . Sumber: iStockphoto
ENFJ atau Extraversion Intuition Feeling Judging hanya ada 2,5 persen populasinya di dunia.
ADVERTISEMENT
Seseorang dengan kepribadian ini memiliki relasi yang sangat luas. Mereka bersikap ramah dan hangat dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka juga sangat kreatif dan juga loyal. Namun, mereka kurang suka dalam menganalisa sesuatu.
Nah, itu dia beberapa MBTI paling langka yang perlu kamu tahu. Apakah kamu termasuk dari salah satunya?
(IKN)