Ketahui Arti Basic Skincare serta Tahapannya dalam Rutinitas Perawatan Wajah

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
29 Juli 2022 10:48
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Basic Skincare. Foto: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Arti Basic Skincare. Foto: iStockphoto
ADVERTISEMENT
Ladies, apakah kamu tahu apa arti basic skincare? Basic skincare adalah rangkaian pemakaian skincare yang paling dasar untuk kebutuhan kulit.
ADVERTISEMENT
Bagi pemula yang ingin menggunakan produk skincare sebagai perawatan harian bisa mencoba tahapan basic skincare untuk perawatan kulit wajah. Selain itu, kamu perlu tahu jenis kulit serta kondisi kulit wajahmu agar bisa disesuaikan dengan produk skincare yang akan digunakan.
Pilih produk skincare dengan formula yang ringan agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Cukup gunakan produk skincare yang dibutuhkan oleh kulit agar kulit menjadi sehat, terawat, serta terhindar dari masalah kulit.
Perawatan basic skincare sangat dibutuhkan oleh kulit agar skin barrier menjadi kuat sehingga tidak rentan timbul masalah kulit.
Ingin tahu tahapan basic skincare yang tepat? Simak pada ulasan berikut ini, ya.

Tahapan Basic Skincare dalam Rutinitas Perawatan Wajah

1. Cleanser

Ilustrasi Cleanser. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cleanser. Sumber: iStockphoto
Cleanser merupakan produk skincare yang digunakan untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, debu, minyak berlebih, serta makeup di wajah.
ADVERTISEMENT
Ada banyak jenis produk cleanser yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan wajah. Gunakan produk cleanser yang formulanya dikhususkan untuk jenis kulit serta masalah kulit wajah yang kamu alami.
Bersihkan wajah dengan teknik double cleansing menggunakan produk cleanser yang mengandung minyak seperti cleansing oil, cleansing balm, dan juga micellar water untuk mengangkat kotoran, debu, minyak, dan makeup di kulit wajah dengan maksimal.
Gunakan cleanser di pagi dan malam hari agar kulit wajah tetap bersih dan sehat.

2. Pelembap

Ilustrasi pelembap wajah. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pelembap wajah. Sumber: iStockphoto
Setelah menggunakan cleanser untuk membersihkan wajah, selanjutnya kamu bisa menggunakan produk pelembap untuk melembapkan kulit wajah serta mengunci kelembapannya sepanjang hari.
Semua jenis kulit wajib menggunakan pelembap secara rutin untuk mencegah kondisi kulit kering. Pilih produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit serta kondisi kulit wajahmu.
ADVERTISEMENT
Gunakan pelembap di pagi dan malam hari agar kulit tetap terjaga kelembapannya sepanjang hari.

3. Sunscreen

Ilustrasi sunscreen. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sunscreen. Sumber: iStockphoto
Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang dapat merusak kulit.
Penggunaan sunscreen menjadi tahap penting dalam rutinitas perawatan kulit harian kamu. Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sunscreen juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah dalam jangka panjang.
Efek paparan sinar matahari bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dampaknya seperti kulit gelap, terbakar (sunburn), kulit kusam, keriput, muncul flek hitam, bahkan risiko kanker kulit.
Maka dari itu kamu perlu menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan agar kulit wajah terlindung dari efek buruk sinar matahari yang dapat merusak kulit.
ADVERTISEMENT
Pemakaian sunscreen perlu diulang secara berkala setiap 2 jam sekali dalam sehari. Apalagi jika kamu berkegiatan di luar ruangan yang memungkinkan terkena paparan matahari secara langsung.
Hal tersebut karena sunscreen dapat luntur ketika terkena keringat dan minyak berlebih pada wajah sehingga proteksi yang kamu dapatkan akan berkurang.
Nah, itu dia arti basic skincare serta tahapannya yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah serta mencegah timbulnya masalah kulit. Semoga informasinya bermanfaat, ya.
(IKN)
Apa arti basic skincare?
chevron-down
Apa saja basic skincare yang dibutuhkan kulit wajah?
chevron-down
Apakah pemakaian pelembap itu penting?
chevron-down