Manfaat Air Mawar untuk Wajah dan Kesehatan

Hello Ladies
Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
2 April 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi air mawar. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi air mawar. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Manfaat air mawar untuk wajah sangatlah berlimpah. Beberapa studi menemukan fakta bahwa olahan air mawar kaya akan kandungan vitamin C yang efektif meningkatkan produksi kolagen di kulit.
ADVERTISEMENT
Seperti diketahui, kolagen punya banyak manfaat untuk kulit. Protein ini dapat menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah penuaan, serta menghidrasi kulit. Karenanya, air mawar pun banyak digunakan untuk produl perawatan kulit.
Air mawar dapat bekerja denegan baik di kulit yang kering dan berminyak. Kandungan astringennya membantu mengurangi bintik kemerahan pada wajah yang diakibatkan oleh pembesaran kapiler darah.
Dalam produk kecantikan, air mawar biasanya digunakan sebagai campuran masker atau toner. Karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, air mawar pun aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Ilustrasi air mawar Foto: dok.shutterstock
Air mawar bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk kulit. Anda bisa menggunakannya untuk menyempurnakan riasan, sebagai toner, pembersih riasan, dan pelembap kulit.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Salsa Bella dalam jurnal Pengaruh Penggunaan Masker Bunga Mawar Terhadap Pengurangan Jerawat (2016) juga menyebutkan bahwa air mawar dapat membersihkan sekaligus menghidrasi kulit, mengobati jerawat, dan mencegah penuaan dini.
Manfaat tersebut bisa didapat dari kandungan bahan alami bunga mawar seperti flavonoid, vitamin B, vitamin C, minyak atsiri, protein, dan lainnya. Semuanya berguna untuk mengurangi peradangan berlebihan pada kulit wajah.
Bunga mawar atau air mawar juga bisa digunakan untuk menyegarkan kulit. Apabila digunakan rutin, air mawar dapat membersihkan bercak bekas jerawat, bisul, pencegah keriput, hingga abses.

Manfaat Mawar untuk Kesehatan

Air mawar Foto: thinkstock
Selain untuk wajah, air mawar juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh dan perawatan diri. Dirangkum dari buku Ampuhnya Tanaman Hias Bagi Kesehatan dan Kecantikan karya Dewi Puspita, berikut penjelasannya:
ADVERTISEMENT

1. Bahan utama pembuatan minyak asiri

Minyak asiri dari mawar mengandung geraniol dan limonene. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antiseptik, penghilang keputihan, dan penambah daya tahan tubuh.

2. Obat pelancar haid

Selain bunganya, akar tanaman mawar juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan medis. Akar tanaman mawar terbukti dapat mengatasi permasalahan haid yang tidak teratur dan keputihan abnormal.

3. Menghilangkan racun dalam tubuh

Daun dan kelopak bunga mawar dipercaya berkhasiat untuk mendinginkan tubuh. Tanaman ini juga efektif menurunkan demam dan membantu detoksifasi tubuh dari racun.

4. Menjaga kesehatan

Mawar merah berkhasiat sebagai antiradang, penyegar, penambah sekresi empedu, tonikum, pengatur haid, ekspektoran, penghilang bengkak, dan pembersih racun. Ragam khasiat tersebut dapat menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

5. Aromaterapi

Wangi bunga mawar dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Wangi khas mawar terbukti menenangkan dan meningkatkan mood baik seharian.
ADVERTISEMENT

6. Bahan makanan

Mawar juga bisa diolah menjadi bahan makanan dan minuman. Kandungan vitamin C di dalamnya tidak kalah dengan buah jeruk. Anda bisa mengolah bagian kelopak dan helainya sebagai sirup yang sehat.
(MSD)