Woman
·
8 Juni 2021 13:37
·
waktu baca 1 menit

Masker Oatmeal, Yuk Cari Tahu Manfaat dan Cara Menggunakannya!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Masker Oatmeal, Yuk Cari Tahu Manfaat dan Cara Menggunakannya! (15705)
Ilustrasi Masker Oatmeal, Yuk Cari Tahu Manfaat dan Cara Menggunakannya! Foto: Pexels
Ladies, pernah kepikiran buat bikin masker oatmeal untuk kesehatan kulit wajah? Namun, bingung dan takut seandainya oatmeal berbahaya untuk kulit?
ADVERTISEMENT
Tak perlu khawatir, banyak orang yang sudah menggunakan oatmeal sebagai remedi kulit di rumah untuk menghilangkan kulit kering, gatal, dan iritasi. Selain itu, oatmeal juga dapat digunakan untuk membersihkan, melembapkan, sekaligus mengeksfoliasi kulit.
Mengingat kandungan oatmeal seperti antioksidan dan saponin yang dapat menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat, bukan hal asing lagi apabila oatmeal juga bisa digunakan sebagai masker.

Manfaat Masker Oatmeal

1. Melembapkan kulit wajah
Kandungan oatmeal terdiri dari beragam protein yang berguna untuk tubuh dan kulit. Utamanya, vitamin E pada oatmeal sangat dikenal bermanfaat untuk kesehatan kulit.
Selain membuat kulit terasa muda kembali, vitamin E ini juga berguna untuk mengurangi peradangan pada wajah. Selain itu, antioksidan pada oatmeal melindungi sekaligus melembapkan kulit.
ADVERTISEMENT
2. Menghilangkan rasa gatal
Jika kamu pernah mengalami cacar air, ada baiknya kamu berendam dalam oatmeal untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Antioksidan dan antiradang pada oatmeal telah terbukti membantu tenangkan kulit dari rasa gatal dan iritasi. Selain cacar air, oatmeal juga terbukti dapat mengatasi eksim, alergi kulit yang membuat kulit gatal, iritasi, dan kemerahan.
3. Melindungi kulit
Bagi yang belum tahu, oatmeal juga memiliki kandungan flavonoid. Dalam kata lain, flavonoid adalah komponen tubuh yang berperan untuk melindungi sistem tubuh dari racun dan zat kimia berbahaya. Maka dari itu, oatmeal dikenal dengan kegunaannya dalam melindungi kulit dari radikal bebas.
4. Pembersih alami
Masker Oatmeal, Yuk Cari Tahu Manfaat dan Cara Menggunakannya! (15706)
Ilustrasi Pembersih Alami Foto: Pexels
Kandungan oatmeal yang terdiri dari saponin, kelompok karbohidrat pada tanaman, yang membuatnya menjadi salah satu pembersih alami yang efektif untuk kulit. Oatmeal disebut sebagai pembersih alami karena tidak menghilangkan minyak alami dari kulit dan tetap menjaga kulit agar terhidrasi. Ditambah pembersih alami ini otomatis melepaskan segala kotoran dan minyak yang berpotensi menghambat pori-pori kulit.
ADVERTISEMENT
5. Mendorong rona kulit wajah
Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan halus? Untungnya, oatmeal juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, noda penuaan, atau kulit kusam. Inilah kehebatan oatmeal yang dapat mendorong rona kulit wajah agar semakin tampak cerah.

Cara Menggunakan Masker Oatmeal

Untuk kulit jerawat
Masker Oatmeal, Yuk Cari Tahu Manfaat dan Cara Menggunakannya! (15707)
Ilustrasi Untuk Kulit Jerawat Foto: Pexels
Tak perlu khawatir dengan jerawat, karena masker oatmeal telah terbukti menjadi salah satu metode ampuh untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Kandungan oatmeal yang terdiri dari zinc yang dipercaya dapat mengurangi peradangan dan membunuh kuman yang menyebabkan jerawat. Selain itu, oatmeal juga dapat menyerap minyak berlebihan pada wajah untuk mencegah timbul jerawat.
  • Rebus separuh gelas oatmeal dan biarkan mendingin.
  • Aduk campuran tersebut hingga rata.
  • Oleskan campuran masker oatmeal pada wajah.
  • Diamkan dan tunggu selama 20 menit.
  • Bilas air dengan wajah.
ADVERTISEMENT
Untuk kulit kering
Bagi pemilik kulit kering, kalian juga bisa menggunakan masker oatmeal untuk menjaga kulit agar tetap lembap. Dengan kegunaan gandum yang dapat menghilangkan sel kulit mati, kamu bisa membuat kulit tetap lembap dan sehat. Selain itu, tingkat pH pada oatmeal juga mampu menyejukkan kulit yang kering akibat infeksi atau ruam.
  • Campurkan oatmeal yang belum dimasak dengan bubuk soda kue.
  • Tuangkan ke dalam air bak.
  • Rendam dalam bak selama 20 menit.
  • Basuh tubuh dan wajah dengan lap hingga kering.
Untuk komedo
Dengan peran oatmeal sebagai pembersih alami, kandungan saponin sudah terbukti dapat membersihkan kulit dari segala kotoran. Komedo adalah pori-pori kulit yang terhambat. Maka, masker oatmeal sangat berguna untuk meregangkan pori-pori kulit agar kulit tetap cerah dan mulus.
ADVERTISEMENT
  • Ambil 2 sdm oatmeal, 3 sdm yogurt dan separuh jus lemon.
  • Campurkan hingga rata.
  • Oleskan pada area hidung dan bagian wajah lainnya.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Bilas wajah dengan air.
Untuk eksfoliasi kulit
Dengan kandungan saponin, oatmeal juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan eksfoliasi kulit. Oatmeal terbukti mampu menghilangkan sel kulit mati dan menjaga kesehatan serta kecerahan kulit. Sebaiknya gunakan masker oatmeal untuk eksfoliasi kulit ini sebanyak dua kali seminggu.
  • Siapkan oatmeal, air hangat, gula dan minyak kelapa.
  • Campurkan semua bahan hingga rata.
  • Oleskan campuran pada wajah.
  • Biarkan selama 20 menit.
  • Bersihkan wajah dengan tisu basah.
(AH)