Mengenal Apa Itu Stearic Acid dan Manfaatnya untuk Kulit

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
13 Juni 2022 7:36
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Stearic Acid. Foto: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Stearic Acid. Foto: iStockphoto
ADVERTISEMENT
Stearic acid adalah asam lemak jenuh alami yang ditemukan dalam lemak hewan dan tumbuhan. Stearic acid sering dijadikan bahan untuk produk kosmetik seperti skincare, sabun, sampo, serta produk perawatan kulit lainnya. Menurut beberapa penelitian, kandungan stearic acid dapat mengeraskan tekstur suatu produk dan menyatukan bahan dari suatu produk sehingga menjadi lebih halus ketika digunakan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Medical News Today, National Library of Medicine (NLM) mendefinisikan stearic acid sebagai asam lemak jenuh yang merupakan komponen penting dalam shea butter dan minyak kelapa yang sering dimanfaatkan sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit. Kandungan ini seringkali dijumpai dalam produk pelembap karena dapat melembapkan kulit.
Produk perawatan kulit dengan kandungan stearic acid tidak mudah hancur, teksturnya lebih licin, serta membuat kulit lebih lembap ketika digunakan. Kandungan ini juga bermanfaat sebagai anti inflamasi sehingga cocok digunakan untuk menenangkan iritasi kulit. Selain itu, ada banyak manfaat stearic acid lainnya untuk kulit yang perlu kamu tahu. Simak pada ulasan berikut ini, ya.
Mengutip dari Medical News Today dan berbagai sumber lainnya, berikut ini beberapa manfaat stearic acid untuk kulit yang perlu diketahui.
ADVERTISEMENT

Manfaat Stearic Acid untuk Kulit

1. Melembapkan kulit

Ilustrasi melembapkan kulit. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi melembapkan kulit. Sumber: iStockphoto
Stearic acid bermanfaat untuk melembapkan serta menghaluskan kulit. Kamu dapat menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan stearic acid agar kulit menjadi lebih lembap.
Kandungan ini dapat mengunci kelembapan kulit lebih lama sehingga cocok untuk kondisi kulit kering.

2. Mengurangi peradangan

Ilustrasi peradangan pada kulit. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi peradangan pada kulit. Sumber: iStockphoto
Stearic acid merupakan kandungan alami yang juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Sifat anti inflamasinya dapat menenangkan kulit yang sedang mengalami peradangan.
Kamu dapat memanfaatkan produk dengan kandungan stearic acid untuk mengatasi peradangan pada kulit. Kandungan dapat membuat produk menjadi lebih lembut sehingga cocok untuk kulit sensitif.

3. Pelicin produk

Kandungan stearic acid dalam produk perawatan kulit bermanfaat sebagai pelicin sehingga produk tersebut menjadi lebih mudah ketika diaplikasikan.
ADVERTISEMENT
Manfaat ini juga bisa menyatukan produk kecantikan sehingga tidak mudah hancur atau terpisah dan lebih mudah ketika diaplikasikan pada kulit.

4. Mencegah penuaan kulit

Ilustrasi mencegah penuaan kulit. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencegah penuaan kulit. Sumber: iStockphoto
Stearic acid bermanfaat untuk melembapkan kulit sehingga elastisitas kulit menjadi lebih meningkat dan terhindar dari penuaan kulit.
Kondisi kulit yang lembap akan terhindar dari tanda-tanda penuaan kulit seperti munculnya garis halus atau kerutan pada permukaan kulit, kulit menjadi kering, serta munculnya hiperpigmentasi pada kulit.
Menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan stearic acid dapat mengunci kelembapan kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang, kenyal, dan terhindar dari penuaan kulit.

5. Mencegah terjadinya kerusakan skin barrier

Ilustrasi kerusakan skin barrier. Sumber: iStockphoto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kerusakan skin barrier. Sumber: iStockphoto
Manfaatnya yang dapat melembapkan serta menghaluskan tekstur kulit membuat kandungan stearic acid dapat menjaga skin barrier dari kerusakan. Kandungan ini dapat menjaga kadar air dalam kulit sehingga kesehatan skin barrier menjadi terjaga.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia pengertian stearic acid serta manfaatnya untuk kulit yang perlu kamu tahu. Semoga informasinya bermanfaat, ya.
(IKN)
Apa itu stearic acid?
chevron-down
Apa manfaat stearic acid pada produk perawatan kulit?
chevron-down
Apakah stearic acid dapat mencegah penuaan kulit?
chevron-down