Perbedaan Retinol dan Retinoid, Sudah Tahu Belum?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 11:04
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perbedaan retinol dan retinoid (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbedaan retinol dan retinoid (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Kedengarannya hampir sama, tapi ternyata terdapat perbedaan retinol dan retinoid. Apa saja sih perbedaannya?
ADVERTISEMENT
Sekarang di pasaran sudah banyak produk skincare yang mengandung bahan-bahan aktif. Produk perawatan yang mengandung retinol dan retinoid menjadi salah satu yang mungkin paling familier untukmu, ya?
Masih banyak orang yang menganggap retinol dan retinoid merupakan satu jenis bahan yang sama. Padahal, keduanya sangat berbeda, mulai dari konsentrasi maupun manfaatnya.
Kalau kamu masih bingung mau memilih produk retinol dan retinoid. Sebaiknya kamu mengetahui dulu nih apa saja perbedaan retinol dan retinoid ini.
Gimana penjelasan lengkapnya? Simak di sini ya!

Perbedaan Retinol dan Retinoid

Ilustrasi perbedaan retinol dan retinoid (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbedaan retinol dan retinoid (Sumber: Pexels)
Melansir laman Byrdie, retionoid merupakan turunan vitamin A yang diubah menjadi asam retinoat. Retinoid ini termasuk ke dalam bahan yang mengandung antioksidan yang bisa melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan atau garis halus.
ADVERTISEMENT
Seorang dokter kulit yang berbasis di New York, Mellisa Levin, MD, FAAD, yang sekaligus pendiri Entiere Dermatology, menyatakan bahwa retinoid merupakan istilah umum untuk dasar retinol yang dijual bebas, sedangkan retionid perlu dijual dengan resep.
Tak hanya melawan tanda penuaan ini, retionid pun punya manfaat untuk memperbaiki tekstur serta warna kulit. Retinoid ini memiliki cara kerja meningkatkan pergantian sel serta mencerahkan flek serta noda hitam yang ada di wajah.
Perlu kamu ketahui, turunan dari retionid, seperti tretinoin juga bisa menghilangkan jerawat serta membantu membebaskan pori-pori yang tersumbat.
Menurut laman resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, terdapat pula beberapa turunan retionid seperti adapalene, etretinate, asam retinoat, dan tazarotene, yang bisa didapatkan dengan memerlukan resep dokter.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari laman Healthline, retinoid juga mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit psioriasis pada kulit. Kebanyakan retinoid ini dijual dalam produk kemasan krim maupun gel.
Nah, berbeda dengan retinoid, retinol sendiri lebih bebas dijual di pasaran. Hal ini mengingat retinol memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan dengan asam retinoat atau retinoid.
Retinol pun punya berbagai nama lain pada kemasan skincare, mulai dari retinyl palmitate, retinyl linoleate, retinaldehyde, propionic acid, atau retinyl acetate.
Pemakaian retinol ini dipercaya untuk mengurangi munculnya kerutan halus, mengobati jerawat, melawan hiperpigmentasi, serta membantu menyamarkan noda serta flek hitam.
Sebagai catatan, baik retinol maupun retinoid tetap mengandung bahan aktif yang enggak bisa bisa disepelekan, sehingga pemakaiannya enggak disarankan buat ibu hamil maupun ibu menyusui, sebab bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan janin.
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu masih bingung soal pemilihan retinol dan retinoid ini. Masih menurut laman Healthline, untuk kamu yang memiliki kulit kering, lebih direkomendasikan untuk memakai retinol. Sementara untuk yang berkulit normal maupun berminyak, bisa mencoba menggunakan retinoid.
Tapi balik lagi, penggunaan skincare ini perlu disesuaikan juga dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu masing-masing ya. Apabila masih ragu, kamu juga bisa berkonsultasi pada dokter spesialis kulit mengenai kandungan skincare yang memang aman bagi kulitmu.
Itulah dia penjelasan perbedaan retinol dan retinoid. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!
(AN)
Apa yang dimaksud dengan retinoid?
chevron-down
Apa saja turunan retinoid yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter?
chevron-down
Apakah nama lain dari retinol yang terdapat dalam kemasan skincare?
chevron-down