Woman
·
11 Juni 2021 12:26
·
waktu baca 2 menit

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Edisi Pagi dan Malam Hari

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Edisi Pagi dan Malam Hari (277281)
Ilustrasi Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Edisi Pagi dan Malam Hari. Foto: Pexels
Pernah kepikiran pilihan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus seperti apa? Mengingat bekas jerawat yang tampak jelas di kulit seperti noda yang tak mau lepas dari wajah.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa bekas jerawat ini terbentuk saat jerawat yang dialami masuk hingga ke dalam kulit dan merusak saraf di bawah permukaan kulit. Bekas jerawat yang sering kali ditemukan pada wajah bernama atrophic scars.
Biasanya bekas jerawat berikut menetap di bawah bagian permukaan kulit yang sempat mengalami jerawat. Atrophic scars ini terbentuk akibat kandungan kolagen terlalu sedikit untuk memperbaiki kulit kembali.
Dengan rutinitas skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang tepat, tentunya kamu dapat mecegah jerawat baru sekaligus mengatasi bekas jerawat.

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Edisi Pagi

1. Cleanser
Rutinitas skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang pertama bentuknya adalah pencegahan. Cegah pembentukan jerawat baru dengan rutin mencuci muka menggunakan cleanser sebanyak dua kali per hari.
ADVERTISEMENT
Ada baiknya memilih cleanser yang sesuai dengan jenis kulit untuk mencegah jerawat baru sehingga bekas jerawat tidak bertambah. Dengan cleanser yang berfungsi sebagai pembersih antijerawat, pastinya bisa membantu kamu menghilangkan bakteri sekaligus membangun sebum untuk membuka pori-pori kulit kembali.
2. Toner eskfoliasi
Setelah melakukan pencegahan, waktunya melakukan rutinitas skincare yang mengatasi bekas jerawat tersebut. Eksfoliasi kulit juga sangat penting untuk menenangkan peradangan yang terjadi pada kulit.
Toner eksfoliasi yang memiliki kandungan asam glikolat dan asam alfa hidroksi (AHA) terbukti sangat ampuh dalam menguras sel kulit mati, mencegah keriput, dan menyembuhkan bekas jerawat. Selain itu, toner eksfoliasi juga bisa membantu pencegahan munculnya jerawat baru. Sebaiknya gunakan toner eksfoliasi ini setiap hari untuk mencerahkan sekaligus menghidrasi kulit setiap pagi.
ADVERTISEMENT
3. Serum
Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Edisi Pagi dan Malam Hari (277282)
Ilustrasi Serum Foto: Pexels
Teruntuk kulit kalian yang rentan akan jerawat, rutinitas skincare selanjutnya tidak boleh dilewatkan. Selain melembapkan dan mencerahkan kulit, serum juga dapat melindungi kulit kamu dari jerawat. Terutama serum dengan kandungan vitamin C dan asam hailuronat yang dapat menutupi bekas jerawat.
Selain vitamin C dan asam hailuronat, kandungan asam salisilat juga terbukti dapat mengurangi noda pada kulit. Saat digunakan pada kulit, asam salisiliat ini nantinya akan bekerja pada bagian dalam pori-pori kulit untuk melawan noda, tapi jenis asam ini juga dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari. Maka, jangan lupa juga menggunakan tabir surya.
4. Moisturizer dengan SPF
Selalu terapkan perlindungan kulit terhadap paparan sinar matahari karena ada kemungkinan bekas jerawatmu justru bisa semakin parah. Gunakan moisturizer dengan SPF yang tinggi setiap hari agar bekas jerawat dapat cepat menghilang. Kulit yang terjaga kelembapannya akan lebih mudah beregenerasi, sehingga bekas jerawat juga dapat memudar.
ADVERTISEMENT

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Edisi Malam Hari

1. Micellar water
Setelah beraktivitas sepanjang hari, jangan lupa untuk menghapus segala kotoran dan make up dari wajah. Khususnya untuk kulit dengan bekas jerawat, kamu bisa melakukan double cleansing dengan micellar water.
Dibandingkan wipes, kamu cukup menggunakan kapas dengan micellar water ini untuk menghapus make up. Pemakaiannya justru lebih mudah dan fleksibel sesuai kebutuhan kamu. Micellar water ini juga dikenal sebagai salah satu skincare yang lembut dan tidak mengiritasi kulit.
2. Gel cleanser
Sama seperti runitinas skincare bekas jerawat di pagi hari, kamu juga perlu melakukan cleansing di malam hari ini untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang berlebihan. Cukup gunakan gel cleanser yang ringan dan mudah menyerap pada kulit. Gel cleanser ini juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang berpotensi merusak sel kulit sehingga mereka tidak bisa regenerasi kembali.
ADVERTISEMENT
3. Toner asam glikolat
Sehabis melakukan cleansing, gunakan toner dengan kandungan asam glikolat untuk mendorong pembaharuan kulit. Toner dengan kandungan asam glikolat ini bisa meregangkan sel kulit yang menempel sehingga lapisan kulit bekas jerawat dapat lepas. Setiap lapisan kulit yang lepas, bekas jerawat akan otomatis perlahan memudar dan menghilang.
4. Serum pigmentasi
Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat umumnya bekerja mencerahkan kulit. Jika kamu sering menghadapi bekas jerawat yang bandel, serum pigmentasi ini akan memperbarui kulit dan meratakan tekstur kulit secara efektif. Kulit yang semakin cerah otomatis memudarkan bekas jerawat lebih cepat.
5. Moisturizer
Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Edisi Pagi dan Malam Hari (277283)
Ilustrasi Moisturizer eksfoliasi Foto: Pexels
Berikutnya kamu perlu menghidrasikan kulit kembali dengan moisturizer agar kelembapan kulit terjaga selama tidur. Moisturizer dengan kandungan asam glikolat dan hailuronat tidak hanya melembapkan, tapi juga bakal memperbaiki ketahanan kulit untuk hari esoknya.
ADVERTISEMENT
(AH)