Woman
·
24 Juli 2021 15:23
·
waktu baca 3 menit

Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam, Rekomendasi dari Dokter Kulit Nih!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam, Rekomendasi dari Dokter Kulit Nih! (353086)
searchPerbesar
Ilustrasi skincare untuk menghilangkan flek hitam. (Dok. Freepik)
Enggak dapat dipungkiri, flek hitam di kulit wajah itu terkadang mengganggu. Karena itu, banyak yang mencari rekomendasi skincare untuk menghilangkan flek hitam di wajah.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari penyebab munculnya flek hitam di wajah, cara menghilangkannya tergolong susah-susah gampang. Namun jangan khawatir, karena ada banyak produk perawatan kulit yang dapat membantu menghilangkan noda itu bila kamu memilihnya dengan tepat.
Melalui artikel ini, Hello Ladies telah mengumpulkan daftar produk skin care yang ampuh menghilangkan flek hitam di wajah. Yuk simak ulasannya bersama-sama.

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Menurut Dokter Kulit Bersertifikat di Beverly Hills, Tess Mauricio, flek hitam terjadi karena adanya peningkatan deposisi pigmen di bawah kulit kamu.
Beberapa penyebab munculnya flek hitam di wajah, yakni bekas jerawat, perubahan kadar hormon, dan ultraviolet yang umumnya berasal dari sinar matahari.
“Sebagian besar terjadi karena paparan sinar matahari,” jelas Mauricio, dikutip dari InStyle.
ADVERTISEMENT
Sebagai tambahan, Dokter Kulit dan Penulis buku Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist, Debra Jaliman, menyebut flek hitam juga dapat muncul akibat peradangan kulit.
Ia memaparkan, “Setiap proses yang menimbulkan peradangan pada kulit dan mengiritasi sel penghasil pigmen di kulit (melanosit) akan melahirkan bintik hitam atau hiperpigmentasi pada kulit.”

Tips Pilih Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam

1. Pilih Produk dengan Kandungan Tertentu
Secara umum, Mauricio mengatakan, produk dengan kandungan antioksidan dan bahan yang membantu pengelupasan kulit dapat berperan besar menghilangkan flek hitam di wajah.
“Carilah produk dengan vitamin C, alpha arbutin, ekstrak akar licorice, hexyl resorcinol, teh hijau, asam glikolat, dan tabir surya untuk mengurangi munculnya flek hitam,” papar dokter kulit itu.
ADVERTISEMENT
2. Beli Produk dengan Kandungan Asam
Bahan umum lain yang dapat menghapus flek hitam, yakni niacinamide atau vitamin B3, asam kojic, asam laktat, dan retinol. Dokter Jaliman berkata, “Asam laktat dan asam glikolat pun membantu mengelupas warna gelap pada kulit. Mengelupas lapisan teratas kulit memungkinkan produk lain menyerap ke lapisan kulit yang lebih dalam.”
3. Sesuaikan Produk dengan Jenis dan Warna Kulit
Namun, jika kamu memiliki kulit sensitif, maka berhati-hatilah dengan bahan seperti asam dan senyawa lain yang dapat mengiritasi kulit. Pilihlah kandungan zat yang lebih lembut, seperti tranexamic, salicylic, dan asam azelaic.
Untuk kamu yang memiliki kulit gelap, carilah produk dengan zat retinol, hidrokuinon, asam salisilat, dan asam traneksamat. Saran itu berasal dari Dokter Jaliman.
ADVERTISEMENT

Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam dari Dokter Kulit

Dalam artikel ini, Hello Ladies akan menjabarkan rekomendasi skincare untuk menghilangkan flek hitam dari tiga dokter kulit berbeda. Apa saja ya? Yuk simak!
1. L'Oréal Paris Revitalift Bright Reveal Anti-Aging Day Cream
Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam, Rekomendasi dari Dokter Kulit Nih! (353087)
searchPerbesar
Pelembap L'Oréal Paris (Dok. Shopee)
Harga: sekitar Rp299.000
Krim ini mengandung asam glikolat, vitamin C, dan pro-retinol. Ditambah lagi, terdapat kandungan SPF 30 di dalamnya.
Menurut ulasan pengguna, pelembap itu dapat membuat kulit lebih cerah dan halus. Akan tetapi, produk dengan vitamin C akan lebih cocok bagi para pemilik kulit dengan warna cerah.
2. Neutrogena Rapid Tone Repair Dark Spot Corrector
Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam, Rekomendasi dari Dokter Kulit Nih! (353088)
searchPerbesar
Neutrogena Rapid Tone Repair Dark Spot Corrector. (Dok. iHerb)
Harga: sekitar Rp373.000
Serum dari Neutrogena ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Dua bahan utamanya adalah vitamin C dan retinol. Cocok untuk kamu yang sedang mencari produk untuk menghilangkan flek hitam wajah.
ADVERTISEMENT
3. The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%
Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam, Rekomendasi dari Dokter Kulit Nih! (353089)
searchPerbesar
The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% (Dok. Tokopedia)
Harga: mulai dari Rp80.000
Dengan harga terjangkau, The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% ini memiliki formula ringan. Di dalamnya, terdapat kandungan asam azelaic, bahan yang disukai oleh Mauricio.
“Formulanya yang lebih lembut daripada asam lainnya itu membantu mengatasi jerawat, tekstur kulit, dan perubahan warna kulit dan aman digunakan untuk perawatan flek hitam dalam jangka panjang,” jelas Mauricio.
4. Ole Henriksen Glow2OH Dark Spot Toner
Harga: mulai dari Rp150.000
Toner penyegar dari Ole Henriksen ini mengandung dua jenis AHA, yakni asam laktat dan asam glikolat, serta akar licorice. Kombinasi zat itu dapat memudarkan flek hitam dan noda gelap di wajah. Pemakaiannya mudah, hanya tinggal mengoleskannya ke kulit menggunakan kapas.
ADVERTISEMENT
(TDI)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white