SPF 30 Tahan Berapa Jam?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
24 November 2022 16:09
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sunscreen SPF 30. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sunscreen SPF 30. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Saat membeli sunscreen, di kemasannya sering ada klaim SPF 30 atau SPF 50. Kamu mungkin sering mendengar bahwa semakin tinggi angka SPF-nya, semakin bagus sunscreen tersebut. Tapi, memangnya benar?
ADVERTISEMENT
Nah, agar kamu enggak bingung dan berujung salah pilih sunscreen, sebaiknya simak penjelasan tentang SPF pada sunscreen di bawah ini.

Apa Itu SPF?

Mengutip dari FDA, SPF adalah ukuran seberapa banyak energi matahari (radiasi UV) yang dibutuhkan untuk membuat kulit yang terlindungi sunscreen itu terbakar (sunburn). Kalau nilai SPF-nya tinggi, maka artinya perlindungan terhadap sengatan sinar matahari juga tinggi.
Ilustrasi Sunscreen SPF 30. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sunscreen SPF 30. Foto: Pexels
Ada kesalahpahaman yang populer di masyarakat, bahwa SPF berkaitan dengan waktu paparan sinar matahari. Misalnya, banyak yang percaya bahwa jika mereka biasanya terkena sunburn dalam 1 jam, maka tabir surya SPF 15 memungkinkan mereka bertahan di bawah sinar matahari selama 15 jam.
Hal tersebut tidak benar karena SPF tidak berhubungan langsung dengan waktu paparan matahari, melainkan dengan jumlah energi sinar matahari. Jadi, garis bawahi ya, Ladies, bukan waktu tapi jumlah.
ADVERTISEMENT
Meskipun memang jumlah energi sinar matahari terkait dengan waktu penyinaran matahari, tapi ada faktor lain yang mempengaruhi jumlahnya. Salah satunya, intensitas energi matahari di jam-jam tertentu. Energi sinar matahari di jam 9 selama 1 jam setara dengan energi sinar matahari di jam 1 siang selama 15 menit.
Selain itu, tipe kulit, banyaknya sunscreen yang digunakan, dan frekuensi kamu reapply sunscreen juga memengaruhi ketahanan proteksi sunscreen terhadap paparan sinar matahari.

SPF 30 Tahan Berapa Jam?

Sekarang kita menuju pertanyaan utama. Sebenarnya, SPF 30 tahan berapa jam di kulit?
Ilustrasi Sunscreen SPF 30. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sunscreen SPF 30. Foto: Unsplash
Dokter kulit bersertifikat, Dr. Anna Guanche, dalam lansiran Byrdie menjelaskan bahwa angka SPF diukur dengan hati-hati dan memerlukan pengujian laboratorium.
Kalau kamu menemukan sunscreen dengan klaim SPF 30, artinya dengan sunscreen tersebut, matahari butuh waktu 30 kali lebih lama untuk membakar kulit dibandingkan jika kamu tidak menggunakan sunscreen itu.
ADVERTISEMENT
Angka tersebut juga mencakup rentang yang luas, yang dapat menunjukkan tingkat perlindungan dari sunscreen. Jika tingkat perlindungannya rendah, maka SPF-nya biasanya di bawah 15. Perlindungan yang sedang berkisar di antara angka SPF 15 hingga 29.
Sementara, SPF berukuran antara 30 dan 49 menawarkan perlindungan tinggi dan cukup dipakai sehari-hari. Ada pula SPF 50 yang dianggap sebagai perlindungan sangat tinggi. Menurut Dr. Guanche, SPF 50 artinya bisa memblokir 99% UV bila diterapkan dengan benar ke kulit.
Sunscreen dengan SPF 30 artinya dapat memberikan perlindungan selama sekitar 300 menit. Namun, seiring berlalunya waktu, sunscreen pada kulit biasanya memudar karena terkena air atau keringat. Jadi, proteksi tabir surya akan kurang maksimal.
Oleh karena itu, meskipun SPF 30 dikatakan mampu memberi perlindungan selama kurang lebih 5 jam, sebaiknya reapply sunscreen selama 2-3 jam sekali untuk mendapatkan proteksi maksimal.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan seputar SPF yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!
(DEL)
Apa itu SPF?
chevron-down
Apakah SPF 50 bagus?
chevron-down
Apakah sunscreen SPF 30 cukup?
chevron-down