Triangle of Death pada Wajah, Bahayakah Memencet Jerawat di Area Ini?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
21 November 2022 15:08
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Triangle of Death pada Wajah. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Triangle of Death pada Wajah. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Pernah mendengar area triangle of death pada wajah? Kedengarannya seram, ya. Tapi benar, wajah memang memiliki area segitiga kematian. Area tersebut meliputi hidung hingga sisi kiri dan kanan mulut. Bayangkan saja kamu menggambar segitiga di wajahmu, yang titik puncaknya ada di ujung tulang hidung.
ADVERTISEMENT
Di area tersebut mungkin sering muncul jerawat. Namun, jangan memencetnya karena hal tersebut berbahaya. Kenapa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Triangle of Death pada Wajah

Ilustrasi Triangle of Death pada Wajah. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Triangle of Death pada Wajah. Foto: Pexels
Di area triangle of death wajah, terdapat jaringan pembuluh darah yang langsung ke otak, namanya sinus cavernosus. Jaringan pembuluh darah ini terletak di belakang rongga mata, tugasnya untuk membawa darah dari wajah dan kepala kembali ke jantung.
Dirangkum dari Cleveland Clinic, menurut dermatologi Alok Vij, MD, jika terjadi infeksi dalam area segitiga ini, misalnya jerawat yang tertusuk, atau tindikan hidung yang salah, maka infeksi tersebut kemungkinan kecil (tetapi bukan tidak mungkin) menyebar dari wajah seseorang langsung ke otak.
“Ada kemungkinan infeksi wajah menjadi infeksi yang berdampak pada bagian tubuh yang lain,” terang Dr. Vij.
ADVERTISEMENT
Namun jangan langsung panik dulu. Kamu mungkin enggak akan langsung meninggal karena memencet jerawat di hidung. Walaupun secara teknis, mungkin iya.
Tapi fenomena ini sangat jarang terjadi. Meskipun setiap kali ada interaksi antara kulit dengan bakteri, selalu ada kemungkinan infeksi, yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lebih besar.
Dalam kasus yang sangat jarang, infeksi pada wajah dapat menyebabkan trombosis sinus cavernosus septik, bekuan darah di sinus cavernosus. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius dan berpotensi mengancam jiwa, termasuk:
  • Abses otak (nanah yang menyebabkan pembengkakan otak).
  • Infeksi otak.
  • Kerusakan saraf wajah, termasuk kelumpuhan otot mata.
  • Meningitis.
  • Radang paru-paru.
  • Emboli septik (gumpalan darah yang terinfeksi yang mengalir melalui aliran darah).
  • Stroke.
Dulunya, trombosis sinus cavernosus merupakan penyakit mematikan. Namun berkat antibiotik, sekarang penyakit ini dapat diobati selama ditangani tepat waktu.
ADVERTISEMENT

Bahayakah Memencet Jerawat di Area Triangle of Death?

Ilustrasi Triangle of Death pada Wajah. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Triangle of Death pada Wajah. Foto: Pexels
Sebenarnya kalau bicara soal memencet jerawat, sebaiknya jangan lakukan hal itu, meskipun jerawatnya bukan di area triangle of death. Memencet jerawat akan menyebabkan peradangan, hiperpigmentasi, jaringan parut pasca-inflamasi, dan tentu saja infeksi.
Khusus untuk area triangle of death, memencet jerawat di sini lebih berisiko lagi. Sebaiknya jangan memencet jerawat untuk mengurangi kemungkinan infeksi yang menyebar lebih jauh.
Sebagian orang mungkin sulit untuk menahan keinginan memencet jerawat. Namun, tahan dirimu dan biarkan jerawat sembuh dengan sendirinya. Kalau kamu enggak suka dengan tampilan wajah yang memiliki jerawat, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini sebagai alternatif.
  • Berikan kompres hangat pada jerawat. Rendam kain bersih ke dalam air panas (bukan mendidih), lalu tempelkan pada area berjerawat selama 10 hingga 15 menit. Hal ini akan membantu menarik nanah jerawat ke permukaan dan dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  • Gunakan acne patch. Kamu bisa menempelkan acne patch ke jerawat semalaman untuk membantu jerawat lebih cepat sembuh.
  • Kunjungi dokter kulit. Dokter dapat membantu jerawat sembuh lebih cepat dengan cara yang aman tentunya.
ADVERTISEMENT
Jadi, jangan memencet jerawat lagi, ya!
(DEL)
Apa itu triangle of death di wajah?
chevron-down
Kenapa dinamakan triangle of death?
chevron-down
Bolehkah memencet jerawat?
chevron-down