Woman
·
22 Juli 2021 21:59
·
waktu baca 2 menit

Urutan Skincare untuk Pemula, Biar Kulit Wajah Awet Muda

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Urutan Skincare untuk Pemula, Biar Kulit Wajah Awet Muda (55111)
searchPerbesar
Ilustrasi urutan skincare untuk pemula. (Dok. Freepik)
Sudah tahu urutan skincare untuk pemula yang tepat bagi kulit wajah? Jika belum, maka informasi dalam artikel ini akan membantumu!
ADVERTISEMENT
Ketika ingin mulai merawat kulit wajah, berbagai pertanyaan pasti muncul di kepala kamu. Produk apa saja yang wajib kamu punya? Seperti apa urutan skincare untuk pemula?

Jenis Kulit Wajah

Pertama-tama, kamu perlu memastikan jenis kulit lebih dulu. Apakah kamu memiliki kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, atau kulit kombinasi?
Apa perbedaan dari jenis-jenis kulit itu? Mari bahas rinciannya!
  • Kulit berminyak: wajah memiliki minyak berlebih sehingga tampak mengkilap. Khususnya di area T (T-zone), yakni dahi, hidung, dan dagu.
  • Kulit kering: sejumlah area kulit kering dan kencang. Kadang sampai terlihat bersisik.
  • Kulit sensitif: terdapat iritasi yang ditandai dengan kulit kemerahan dan sakit bila disentuh.
  • Kulit kombinasi: gabungan dari kulit berminyak dan kering.
Yang perlu kamu ingat, jenis kulit akan menentukan produk yang kamu butuhkan untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah. Jangan sampai kamu salah pilih ya!
ADVERTISEMENT
Kemudian, mari bahas tentang urutan skincare untuk pemula agar kamu tidak keliru. Berikut ini ulasan yang telah Hello Ladies buat!
Urutan Skincare untuk Pemula, Biar Kulit Wajah Awet Muda (55112)
searchPerbesar
Ilustrasi urutan skincare untuk pemula yang tepat. (Dok. Freepik)

Urutan Skincare untuk Pemula, Biar Kulit Wajah Awet Muda

1. Cleanser (Pembersih)
Produk pertama yang wajib kamu miliki adalah pembersih alias cleanser. Dengan produk itu, kamu dapat membersihkan minyak, bakteri, dan kotoran yang menempel di wajah.
Jika sudah dibersihkan, maka kulit wajah kamu akan menyerap nutrisi dari produk lain dengan lebih baik. Ini juga mencegah tersumbatnya pori-pori kulit.
Pemilik kulit berminyak butuh pembersih berbentuk busa atau gel, sementara pemilik kulit kering butuh produk pembersih yang menghidrasi dan dapat memperbaiki lapisan pelindung kulit wajah.
2. Toner
Selanjutnya, gunakan toner yang dapat mengeksfoliasi kulit. Namun, jangan gunakan produk itu setiap hari untuk menghindari iritasi, khususnya pada kulit sensitif.
ADVERTISEMENT
Selain toner eksfoliasi, kamu juga dapat membeli toner hidrasi yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.
3. Pelembap
Urutan Skincare untuk Pemula, Biar Kulit Wajah Awet Muda (55113)
searchPerbesar
Ilustrasi pelembab dalam urutan skincare pemula. (Dok. Freepik)
Ketiga, kamu juga membutuhkan pelembap alias moisturizer. Pastikan untuk memilih produk pelembap dengan kandungan seramida dan asam hialuronat yang penting untuk humidasi kulit.
Perlu kamu ingat, semua jenis kulit membutuhkan pelembap. Baik itu kulit kering maupun kulit berminyak. Hanya tipe pelembapnya saja yang berbeda. Pemilik kulit kering butuh pelembap berbentuk krim, sedangkan kulit berminyak butuh pelembap gel.
4. Tabir Surya (Sunscreen)
Produk yang juga penting dalam urutan skincare untuk pemula adalah tabir surya alias sunscreen. Kamu wajib menggunakannya di pagi hari atau sebelum keluar rumah.
Tabir surya berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari. Dengan begitu, kamu akan mengurangi risiko terkena kanker kulit, menghilangkan noda hitam, serta mencegah timbulnya kerutan di wajah.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah setidaknya empat produk perawatan kulit yang wajib kamu miliki sebagai pemula. Jika sudah cocok dengan produk utama tersebut, maka kamu dapat menambah produk lain seperti serum, essence, krim mata, dan sebagainya.
Yang terpenting, kamu harus menyesuaikan produk yang kamu pilih dengan masalah kulit wajah yang ingin diatasi. Pertimbangkan pula jenis kulitmu ya!
Semoga informasi yang Hello Ladies kumpulkan dalam artikel ini dapat membantu kamu dalam merawat kulit wajah ya!
(TDI)