Woman
·
22 Juli 2021 21:52
·
waktu baca 3 menit

Vitamin Rambut Rontok, Jenis dan Rekomendasi Produk

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Vitamin Rambut Rontok, Jenis dan Rekomendasi Produk (7187)
searchPerbesar
Ilustrasi Vitamin Rambut Rontok: Jenis Pilihan dan Rekomendasinya. Foto: Pexels
Ladies, vitamin rambut rontok yang baik itu seperti apa, ya? Selain menggunakan sampo dan kondisioner untuk rambut rontok, tambahan vitamin rambut juga sangat penting untuk mengatasi masalah rambut satu ini.
ADVERTISEMENT
Mengutip Women’s Day, ahli diet Suzzane Dixon, R.D., menjelaskan bahwa vitamin merupakan salah satu kebutuhan esensial bagi semua sel tubuh. Hal ini termasuk sel yang bertanggung jawab dalam penumbuhan rambut.
Perlu diketahui bahwa sel di bagian rambut mengalami regenerasi yang lebih cepat ketimbang sel lainnya. Ada baiknya kamu rutin memotong rambut untuk menjaga dan merawatnya.
Ketika tubuh kekurangan nutrisi, otomatis ini akan memengaruhi produksi folikel rambut. Justru rambut yang dihasilkan menjadi kering atau rapuh. Alhasilnya, rambut sering rontok.
Stephanie Gray, perawat praktek medis, menambahkan pada Women’s Day kalau protein juga menjadi sumber nutrisi bagi rambut. Hal ini disebabkan oleh rambut yang terdiri dari keratin, yakni protein yang dihasilkan dari asam amino. Jika kamu kekurangan protein, pertumbuhan dan kesehatan rambut akan mulai berkurang.
ADVERTISEMENT
Fungsi dari vitamin tidak hanya untuk mengatasi masalah rambut, tapi juga meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

4 Jenis Vitamin Rambut Rontok

Bukan hanya satu jenis, tapi ada beberapa vitamin yang dipercaya dapat mencegah rambut rontok.
Dilansir dari Holland and Barrett, berikut 4 pilihan vitamin yang tepat untuk rambut rontok:
1. Vitamin A
Untuk rambut yang tampak kusam, pilihlah obat perawatan rambut yang mengandung vitamin A. Vitamin A dikenal memiliki dua kegunaan yang efektif untuk rambut. Pertama, vitamin A terbukti dapat menstimulasi sel tubuh untuk menumbuhkan rambut kembali.
Kedua, vitamin A juga dapat meningkatkan produksi minyak alami agar kulit rambut tetap lembap dan tampak bersinar. Alhasil, rambut semakin sehat, deh.
2. Vitamin B Kompleks
ADVERTISEMENT
Beberapa jenis vitamin B tertentu sering dikaitkan dengan pertumbuhan rambut karena mereka dapat menstimulasi produksi folikel rambut. Khususnya, vitamin B7, atau biotin, banyak ditemukan di produk perawatan rambut.
3. Vitamin C
Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat mencegah rambut rontok. Dengan kemampuannya untuk menstimulasi produksi kolagen, vitamin C juga meningkatkan asam amino yang digunakan dalam menguatkan folikel rambut. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah radikal bebas yang merusak sel serta memperlambat pertumbuhan rambut.
4. Vitamin E
Vitamin selanjutnya yang dikenal sebagai pendorong regenerasi sel adalah vitamin E. Vitamin ini dapat membantu memperbaiki jaringan sel kulit kepala. Selain itu, Vitamin E juga dipercaya dapat meredakan permasalahan rambut seperti ketombe.
ADVERTISEMENT

Rekomendasi Produk Vitamin Rambut Rontok

1. Lucido-L Vitamin Hair Spray for Dry Hair
Vitamin Rambut Rontok, Jenis dan Rekomendasi Produk (7188)
searchPerbesar
Ilustrasi Lucido-L Vitamin Hair Spray for Dry Hair Foto: tokopedia.com/Jihan Asifa_Store
Produk vitamin rambut rontok pertama yang dapat kalian coba adalah Lucido-L Hair Vitamin. Dengan kemasan berbentuk spray, hal ini tentunya memudahkan kamu untuk mengaplikasikan vitamin pada rambut. Diperkaya dengan vitamin A, C, dan E, vitamin rambut ini dapat mencegah kondisi kering sekaligus membuat rambut lebih halus, mengkilap, serta mudah diatur.
Cara menggunakannya, cukup semprotkan beberapa kali setelah keramas. Nantinya, vitamin rambut ini akan menyerap hingga ke akar.
2. Natur Hair Vitamin
Vitamin Rambut Rontok, Jenis dan Rekomendasi Produk (7189)
searchPerbesar
Ilustrasi Natur Hair Vitamin Foto: tokopedia.com/Cenny Store
Selanjutnya, Natur pun memiliki vitamin rambut rontok yang efektif. Dilengkapi dengan dua varian untuk semua jenis rambut dan khusus rambut berwarna.
Untuk rambut berwarna, varian vitamin rambut dari Natur itu dilengkapi dengan minyak zaitun dan vitamin E. Kedua kandungan ini akan berguna dalam menjaga dan menambah nutrisi kulit kepala.
ADVERTISEMENT
Sementara, vitamin rambut Natur untuk semua jenis rambut mengandung lidah buaya dan vitamin E yang bisa meningkatkan kesehatan dan kilau rambut.
3. Makarizo Advisor Hair Recovery Pump
Vitamin Rambut Rontok, Jenis dan Rekomendasi Produk (7190)
searchPerbesar
Ilustrasi Makarizo Advisor Hair Recovery Spray Foto; tokopedia.com/Master-Cendol Store
Terakhir, vitamin rambut rontok dari Makarizo berikut dapat mengatasi kekeringan pada rambut. Hadir dalam kemasan pump, vitamin rambut ini siap melindungi rambut dari kondisi kusam dan bercabang.
Selain itu, terdapat multivitamin A, C, E serta antioksidan yang bakal menjaga ketahanan rambut dari paparan sinar matahari dan bahan kimia. Dengan formula Vitamax Conditioning Agent, vitamin rambut ini dapat merambat hingga inti akar rambut. Alhasil, rambut terasa halus, lembab, dan mudah diatur.
(AH)