Pencarian populer

Pusing atau Sakit Kepala? Apa, sih, Bedanya?

"Duh, kepala pusing, nih."

"Kepalaku sakit...."

Sering mendengar pembicaraan seperti itu? Sama-sama menyerang kepala kenapa namanya beda-beda, ya? Gangguan yang umum terjadi pada bagian kepala adalah sakit kepala dan kepala pusing.

Ternyata, keduanya adalah kondisi yang berbeda meski beberapa orang menganggapnya sama. Padahal, mengetahui perbedaannya dapat membuat Anda mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang lebih tepat. Untuk itu, yuk, pelajari perbedaannya.

Perbedaan kepala pusing dan sakit kepala

Sumber: HelloSehat.com

Sensasi yang muncul

Walaupun sama-sama menyerang bagian kepala, sensasi yang muncul antara pusing dan sakit kepala berbeda. Biasanya orang yang menderita kepala pusing akan merasakan sensasi seolah akan pingsan atau goyah (gangguan keseimbangan), kepala terasa berat, penglihatan kabur, dan badan lemas. Kondisi ini bisa lebih parah apabila orang yang mengalaminya merasa lingkungan sekitarnya bergerak atau berputar (kliyengan/vertigo).

Sementara itu, orang yang mengalami sakit kepala biasanya akan merasakan denyutan di sekitar kepala, baik itu sebagian (bagian samping kanan atau kiri) atau di daerah kepala lainnya. Rasa sakitnya bisa seperti dipukul-pukul atau terasa seperti kepala diikat kencang.

Penyebabnya

Sakit kepala dan pusing biasanya disebabkan oleh dua hal yang berbeda. Untuk sakit kepala, penyebabnya juga masih terbagi lagi bergantung jenisnya. Sakit kepala terdiri atas dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Penyebab sakit kepala primer biasanya dikarenakan oleh aktivitas berlebihan atau adanya masalah pada struktur kepala yang sensitif terhadap nyeri, atau bisa jadi karena adanya perubahan aktivitas kimia pada otak.

Sakit yang dirasakan umumnya rasa nyeri seperti diikat oleh tali kencang di kepala, migrain, atau cluster headaches, yaitu sakit kepala parah yang biasanya terletak di sekitar satu area mata.

Sedangkan, sakit kepala sekunder terjadi karena adanya penyakit lain yang menyebabkan munculnya rasa sakit di kepala, seperti glaukoma, keracunan karbon monoksida, penggumpalan darah, tumor otak, mabuk atau keracunan alkohol, panik, dehidrasi, stroke, pendarahan di sekitar otak, penggunaan obat berlebihan, kekurangan gizi, atau flu.

Nah, pusing juga disebabkan oleh adanya penyebab lain, seperti halnya sakit kepala sekunder, yang dirasakan di seluruh bagian kepala. Beberapa penyebabnya antara lain masalah pada telinga bagian dalam (vertigo), vestibular neuritis (infeksi saraf vestibular), penyakit meniere, buruknya sirkulasi udara, tekanan darah rendah, anemia, hipertermia, hipoglikemia, dan gangguan kecemasan.

Dilansir dari Medical News Today, kondisi sakit kepala dan pusing bisa terjadi secara bersamaan. Kondisi ini biasanya terjadi pada migrain, cedera pada otak, dan kadar gula darah yang rendah.

Pengobatan

Karena penyebabnya berbeda, maka sakit kepala dan pusing juga diobati secara berbeda. Itu sebabnya penting bagi pasien untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya agar pengobatan bisa diberikan secara sesuai.

Sakit kepala primer ringan bisa disembuhkan tanpa obat. Namun, ada juga yang perlu disembuhkan dengan menggunakan obat pencegah timbulnya nyeri sakit kepala. Beberapa pengobatan alternatif seperti meditasi dan akupuntur juga bisa mengobati sakit kepala. Sakit kepala sekunder biasanya memerlukan tes kesehatan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sakit kepala yang mendasarinya. Begitu juga dengan pusing. Rekomendasi dan konsultasi dengan dokter diperlukan sebelum menentukan tes kesehatan apa yang sebaiknya dijalankan.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: