Konten dari Pengguna

Patuhi Rambu Lalu Lintas: KKN-T UNDIP Laksanakan Edukasi untuk Anak Sekolah

Salsalbila Yowinda Putri
Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro
8 November 2024 11:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Salsalbila Yowinda Putri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Salsalbila Yowinda Putri, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro, sukses melaksanakan kegiatan edukasi rambu-rambu lalu lintas di SD IT Asshodiqiyah, Semarang, pada Sabtu, 2 November 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Storm Water Universitas Diponegoro yang bertujuan memberikan pemahaman praktis sekaligus meningkatkan kesadaran generasi muda akan berlalu lintas.
Kegiatan Edukasi Rambu-Rambu Lalu Lintas Bersama Siswa-Siswi SD IT Asshodiqiyah Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, (2/11/2024)/ Foto: Salsalbila Yowinda Putri
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan Edukasi Rambu-Rambu Lalu Lintas Bersama Siswa-Siswi SD IT Asshodiqiyah Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, (2/11/2024)/ Foto: Salsalbila Yowinda Putri
Dalam kegiatan edukasi lalu lintas ini, Salsabila menyampaikan beragam informasi penting yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman siswa-siswi terhadap rambu-rambu lalu lintas dan keselamatan saat menyeberang jalan. Kegiatan ini mengenalkan rambu lalu lintas, simulasi menyeberang dengan dan tanpa sepeda, serta area-area yang kurang aman untuk menyeberang. Untuk memperkuat pemahaman siswa, edukasi dilengkapi dengan board game ular tangga yang didesain khusus. Setiap kotak pada papan permainan berisi pertanyaan seputar lalu lintas dan rambu, siswa-siswi diminta untuk menjawab berdasarkan jumlah langkah pada dadu. Permainan ini berhasil menarik antusiasme tinggi dari para siswa, menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Board Games Ular Tangga Rambu oleh Siswa-Siswi SD IT Asshodiqiyah Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, (2/11/2024)/ Foto: Salsalbila Yowinda Putri
Syifa, seorang siswi kelas 3, mengungkapkan kegembiraannya, "Senang banget dan seru bisa main game tentang rambu. Ternyata masih banyak rambu yang belum kita tahu," ujarnya. Harapannya, melalui kegiatan ini siswa-siswi dapat menjadi lebih bijak dan disiplin dalam berlalu lintas, serta berperan sebagai contoh positif bagi lingkungan mereka.
Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai rambu lalu lintas, siswa-siswi diharapkan dapat mempraktikkan kebiasaan berlalu lintas yang aman sejak dini, yang akan membawa dampak positif bagi keselamatan mereka dan masyarakat sekitar.