Pentingnya Menjaga Nilai Pancasila di Lingkungan Sekolah Dasar

Saya adalah tenaga administrasi yang bertugas di SD N Jubelan 01.
Konten dari Pengguna
16 April 2022 8:20
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Herdi Novianto tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pentingnya Menjaga Nilai Pancasila di Lingkungan Sekolah Dasar (64822)
zoom-in-whitePerbesar
Foto : Herdi Novianto / Foto Bersama Keluarga Besar SD N Jubelan 01
ADVERTISEMENT
Pancasila merupakan pedoman hidup Bangsa Indonesia untuk mendasari semua sendi kehidupan yang dilaksanakan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nilai dan norma yang berlaku di Indonesia merupakan bagian dari aspek dasar yaitu Pancasila, sehingga baik hukum dan norma yang berlaku di Indonesia tidak dapat lepas dari sila – sila Pancasila yang sudah menjadi dasar negara Indonesia.
ADVERTISEMENT
Di jaman globalisasi ini arus informasi dan teknologi berkembang begitu cepat, kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menyaring kebudayaan atau arus globalisasi dari luar negeri dan menjaga kebudayaan kita agar tidak rusak oleh kebudayaan negara lain. Sekolah merupkan pijakan awal dalam peranannya sebagai pencetak kader – kader perubahan yang akan menjadi generasi penerus di masa mendatang.
SD Negeri Jubelan 01 adalah tempat saya bekerja sebagai tenaga administrasi, disini sangat menjunjung tinggi nilai – nilai pancasila, sehingga dalam bekerja tercipta lingkungan yang humanis dan saling menjaga toleransi antar sesama. Di saat melaksanakan pekerjaan kami semua menjalankan nilai – nilai Pancasila, contohnya kami sangat menghargai perbedaan agama dan selalu menjunjung tinggi nilai serta norma agama yang berlaku, hal ini merupakan prinsip Sila ke 1 yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam menyampaikan pendapat di lingkungan kerja kami menerapkan sila ke 4 yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, Contoh dari penerapan sila ke di sekolah kami yaitu dalam rapat pasti menghargai pendapat siapapun dan menyelesaikannya dengan musyawarah.
ADVERTISEMENT
Masih banyak lagi hal positif di lingkungan kerja kami saat ini, saya belajar banyak mengenai toleransi beragama dan musyawarah mufakat di SD Negeri Jubelan 01. Selain penerapan Pancasila di lingkungan pekerjaan pengamalan sila pancasila juga diterapkan di saat kegiatan belajar mengajar dalam kelas atau luar kelas. Untuk peserta didik penerapan nilai – nilai Pancasila merupakan hal wajib dan terus menerus dilakukan, hal ini berkaitan dengan profil pelajar Pancasila yang sudah mulai digaungkan oleh Mas Menteri Pendidikan Indonesia. Adapun profil pelajar Pancasila adalah :
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
2. Berkebinekaan global
3. Bergotong royong
4. Mandiri
5. Bernalar kritis
6. Kreatif
Cara untuk menerapkan atau membentuk profil pelajar Pancasila membutuhkan sistem dan lingkungan sekolah yang sehat, terutama tentang suasana belajar dan menyusun program kegiatan belajar mengajar dengan melihat kehidupan sekitar kita. Adapun tujuannya untuk para siswa bisa memahami langsung tanpa melihat penjelasan abstract. Sering kita sebagai orang dewasa lupa akan nilai dan norma Pancasila, untuk mengantisipasi semua hal itu sekolah menjadi garda depan dalam implementasi kegiatan – kegiatan yang mengandung unsur nilai – nilai pancasila.
Pentingnya Menjaga Nilai Pancasila di Lingkungan Sekolah Dasar (64823)
zoom-in-whitePerbesar
Foto : Herdi Novianto
Penerapan nilai – nilai Pancasila di sekolah misalnya dengan :
ADVERTISEMENT
a) Membiasakan berdoa sebelum memulai pelajaran dan sesudah selesai pelajaran.
b) Mengajarkan nilai – nilai Pancasila mengenai Sila ke 2, yaitu dengan membiasakan siswa berbagi dengan sesama dilingkungan sekolah khususnya.
c) Membiasakan siswa dengan diskusi sehingga siswa mendapatnya banya manfaat dan biasa menghormati pendapat orang lain.
d) Siswa diajarkan dengan metode berbasis masalah yaitu siswa diberikan kasus – kasus ringan yang berkaitan dengan nilai – nilai Pancasila.
Sekolah akan selalu mengajarkan dan membina peserta didik untuk menjadi bagian di dalam agen perubahan.
Pancasila seharusnya tdak diperdebatkan namun dijaga dan di pelajari dengan baik, dikarenakan Pancasila dilahirkan untuk menjadi pedoman hidup kita. Sehingga dalam penerapan nilai – nilai pancasila, kita sebagai individu dapat menjaga keharmonisan dalam hidup bermasyarakat terutama dalam lingkungan kerja.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020