Dampak Sistem Pengajaran Selama Adanya Pandemi Covid-19

Hesti Handayani
Saya seorang mahasiswa program studi PGSD di Universitas Ngudi Waluyo, kegiatan saya selain berkuliah adalah berbisnis
Konten dari Pengguna
13 November 2022 21:40 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hesti Handayani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dampak sistem pengajaran selama adanya pandemi covid-19 sangat di rasakan perubahannya. Dalam kondisi pandemi yang melanda Indonesia saat itu, dunia pendidikan menerapkan sistem pembelajaran baru yaitu sistem pembelajaran jarak jauh. Peran orang tua dalam sistem pembelajaran jarak jauh ini sangatlah besar, dikarenakan orang tua juga berperan sebagai guru bagi anaknya. Banyak juga hambatan dan tantangan dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh ini, misalnya jaringan yang tidak stabil, tidak memiliki handphone, kurang menguasai teknologi, dan lain sebagainya.
Suasana belajar siswa kelas 6 SDN Bergas Kidul 03, Foto : Nizam

Banyak perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini. Dapat dikatakan bahwa pemanfaatan teknologi dalam sistem pembelajaran kali ini lebih ditekankan. Sebab, selama masa pandemi covid-19 melanda Indonesia, hampir semua sektor memiliki sistem kerja secara online. Dalam dunia pendidikan sendiri sudah tampak perubahannya, dimana para pendidik dituntut untuk menguasai teknologi guna menunjang sistem pembelajaran selama pandemi. Sekolah harus menggunakan media pembelajaran berbasis online, seperti google meet, zoom, google classroom, microsoft, dll.

ADVERTISEMENT
Selain kesulitan dalam pembelajaran, banyak peserta didik juga yang mengalami gangguan mental. Sarana dan prasarana yang kurang memadai juga memicu terhambatnya metode pembelajaran secara daring ini. Hal ini juga dirasakan guru sebagai pendidik. Tentunya sebagai seorang pendidik, tugasnya semakin berat selama masa pandemi.
Guru dituntut harus kreatif, agar pembelajaran daring yang diikuti siswa tidak mudah membosankan, dan materi yang disampaikan dapat diterima baik oleh peserta didik. Dalam sistem daring ini, hambatan bagi orang tua adalah tidak bisa menemani anaknya untuk belajar selama daring dikarenakan sibuk bekerja. Sehingga waktu yang dilakukan orang tua untuk mendampingi anak belajar adalah pada malam hari.
Pada era sekarang ini, sistem pembelajaran bisa menerapkan sistem daring dan luring. Pasti keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
ADVERTISEMENT