Entertainment
·
20 November 2020 11:53

3 Ayat Al-Qur'an yang Menjelaskan Larangan Meminum Khamr

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
3 Ayat Al-Qur'an yang Menjelaskan Larangan Meminum Khamr (77935)
Ilustrasi minuman khamr. Foto: Unsplash.com/wilstewart3
Minuman keras atau khamr adalah minuman yang dilarang dikonsumsi bagi umat muslim, sebab dapat memabukkan. Dilarangnya meminum khamr karena mudharatnya jauh lebih besar dibanding manfaatnya. Maka dari itu, minum minuman beralkohol diharamkan dalam Islam.
ADVERTISEMENT
Islam adalah agama yang dirahmatai Allah SWT. Di dalamnya, terdapat ajaran-ajaran kebenaran kepada setiap manusia. Salah satunya kebenaran bahwa orang yang beragama Islam harus menjauhi yang haram dan hanya mendekatkan kepada yang halal. Karena minuman keras termasuk haram, maka haruslah dijauhi.
Kenapa minuman keras memiliki banyak mudharatnya dibanding manfaatnya? Seab, ketika kita mengonsumsi minuman keras, kesehatan akan terganggu karena dapat merusak organ tubuh.
Selain itu, tanpa disadari mengkonsumsi minuman keras juga dapat menghilangkan kesadaran sementara sehingga akal sehatnya mampu melakukan hal yang tidak diinginkan, salah satunya menyakiti orang lain atau melakukan tindakan kriminal. Akhlak mereka juga akan rusak dan dapat menurunkan produktivitas.
Melihat banyaknya mudharat dari mengonsumsi minuman keras, padahal Islam telah jelas melarangnya. Hal ini pun telah disebutkan di dalam Al-Qur'an dan hadis.
ADVERTISEMENT
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 219 yang artinya:

"Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan". Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir."

Dari ayat tersebut telah dijelaskan kalau meminum khamr adalah dosa besar.
3 Ayat Al-Qur'an yang Menjelaskan Larangan Meminum Khamr (77936)
Ilustrasi minuman keras. Foto: Unsplash.com/giisilveira
Lebih lanjut, mereka yang meminum minuman keras juga dilarang untuk menunaikan ibadah salat.
Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa auat 43 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."

ADVERTISEMENT
Sudah mendapatkan dosa, dilarang mengerjakan salat pula. Lalu, perbuatan mereka yang suka meminum minuman keras termasuk dalam perbuatan setan.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Maidah ayat 90 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan."

Itulah ayat-ayat di dalam Al-Qur'an yang menjelaskan tentang larangan meminum khamr untuk muslim. Ada baiknya jauhi semua hal-hal yang merugikan dan dosa, ya kawan.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white