Woman
·
20 Mei 2021 20:01

3 Wanita yang Dijelaskan Allah SWT dalam Al-Quran sebagai Contoh Buruk

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
3 Wanita yang Dijelaskan Allah SWT dalam Al-Quran sebagai Contoh Buruk (29199)
searchPerbesar
Ilustrasi tiga wanita yang menjadi contoh buruk. Foto: Unsplash.com/nathandumlao
Dalam kehidupan ini, pasti manusia akan selalu dihadapkan dengan sebuah pilihan, antara iya dan tidak, juga baik dan buruk. Bahkan, pilihan tersebut dapat membawa kita pada suatu tujuan.
ADVERTISEMENT
Dalam Islam, Allah SWT selalu mengajarkan umat-Nya untuk selalu bijak dalam menentukan pilihan. Contohnya saja dalam perihal keteladanan. Allah SWT selalu memberikan banyak contoh orang beriman yang dapat dijadikan teladan bagi manusia yang tercantum di dalam kita suci Al-Quran.
Akan tetapi, tidak selalu contoh baik, ada juga orang-orang yag memiliki perlakuan buruk dari pria maupun wanita yang diharapkan untuk tidak ditiru.
Nah, di dalam Al-Quran ternyata terdapat tiga sosok wanita sebagai contoh pengkhianatan dan perbuatan jahat. Mereka bertiga adalah istri dari Nabi Nuh AS, istri Nabi Luth AS, dan istri Abu Lahab.
Istri Nabi Nuh AS dan Nabi Luth AS dijelaskan Allah SWT di dalam QS. At-Tahrim ayat 10.
ضَرَبَ ٱللَّهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ٱمْرَأَتَ نُوحٍ وَٱمْرَأَتَ لُوطٍ ۖ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَٰلِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ ٱللَّهِ شَيْـًٔا وَقِيلَ ٱدْخُلَا ٱلنَّارَ مَعَ ٱلدَّٰخِلِينَ
ADVERTISEMENT
Daraballaahu massalal lillaziina kafarumra'ata nuuhhiw wamra'ata luutt, kaanataa tahhta 'abdaini min 'ibaadinaa ssaalihhaini fa khaanataahumaa fa lam yugniyaa 'an-humaa minallaahi syai'aw wa qiiladkhulan-naara ma'ad-daakhiliin.
Artinya: Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam).
Sedangkan isti Abu Lahab, dijelaskan oleh Allah SWT dalam satu surat di juz 30, yaitu surat Al-Lahab.
تَبَّتْ يَدَآ أَبِى لَهَبٍ وَتَبَّ
مَآ أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُۥ وَمَا كَسَبَ
ADVERTISEMENT
سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ
وَٱمْرَأَتُهُۥ حَمَّالَةَ ٱلْحَطَبِ
فِى جِيدِهَا حَبْلٌ مِّن مَّسَدٍۭ
Artinya: Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.
Di dalam surat tersebut pula disebutkan bahwa ada kata hammalat al-hatab istri Abu Lahab adalah pembawa kayu berduri.
Ketiga istri tersebut telah disebutkan Allah SWT dalam Al-Quran. Itu tandanya, Allah SWT juga memperingatkan kamu sekalian untuk tidak mencontoh perbuatan buruk mereka. Tidak menjadikan mereka panutan, apalagi teladan. Semoga kita semua dapat dijauhkan dari perilaku buruk, ya. Aamiin.
ADVERTISEMENT