Woman
·
23 September 2020 17:09

5 Tanda-tanda Kalau Dia Jodohmu yang Tercantum dalam Al-Quran

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
5 Tanda-tanda Kalau Dia Jodohmu yang Tercantum dalam Al-Quran (130057)
Ilustrasi jodoh. Foto: Unsplash.com/alexiby
Tanda-tanda kalau dia adalah jodohmu rupanya tercantum lho di dalam Al-Quran. Kalau kamu merasakan keraguan tentang benar atau tidaknya dia jodohmu, cobalah untuk berpatokan kepada apa yang dijelaskan dalam Al-Quran.
ADVERTISEMENT
Jodoh, rezeki, dan kematian akan selalu menjadi rahasia Sang Pencipta. Sebagai manusia, kita hanya perlu menikmati hidup dengan tetap menjalani segala perintah-Nya tanpa mengingkari.
Perihal jodoh, terkadang ini menjadi hal yang membuat kita bingung seperti apa sih pasangan yang akan mendampingi kita sampai akhir hayat? Kita jelas tidak akan tahu siapa jodoh kita, sebelum Allah SWT menakdirkan untuk bertemu dengan pasangan hidup.
Tapi, satu hal yang pasti, kalau Allah SWT menciptakan manusia berpasang-pasangan. Artinya, semua manusia pasti akan menemukan jodohnya tergantung ikhtiar dari manusia itu sendiri.
Allah SWT berfirman dalam QS. Adz-Dzariyat ayat 49 yang artinya:
"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah."
Meskipun jodoh sudah ada yang mengatur, sebagai manusia tentu kita tetap harus berusaha untuk menemukan pasangan sebaik-baiknya. Namun, terkadang ada saja hal yang membuat kita salah arah dalam mencari jodoh.
ADVERTISEMENT
Nah, sebagai pedoman hidup umat Manusia, Al-Quran juga sudah menerangkan beberapa petunjuk atau tanda-tanda mengenai jodoh tersebut. Apa saja itu?
1. Memiliki sifat yang mirip
5 Tanda-tanda Kalau Dia Jodohmu yang Tercantum dalam Al-Quran (130058)
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/manuelmeurisse
Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nur ayat 26 yang artinya:
"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."
2. Diterima oleh keluarga
Allah SWT berfirman dalam QS. Asy-Syura ayat 11 yang artinya:
"(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat."
ADVERTISEMENT
3. Memberikan ketenangan jiwa
5 Tanda-tanda Kalau Dia Jodohmu yang Tercantum dalam Al-Quran (130059)
Ilustrasi memberikan ketenangan. Foto: nate_dumlao
Allah SWT berfirman dalam QS. Ar-Rum ayat 21 yang artinya:
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."
4. Dapat memahami
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Furqan ayat 74 yang artinya:
"Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."
5. Dapat memberikan rezeki dari yang baik
5 Tanda-tanda Kalau Dia Jodohmu yang Tercantum dalam Al-Quran (130060)
Ilustrasi rezeki. Foto: Unsplash.com/joshappel
Allah SWT berfirman dalam QS. An-nahl ayat 72 yang artinya:
ADVERTISEMENT
"Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?"
Itulah kelima tanda-tanda jodoh yang telah dijelaskan di dalam Al-Quran. Jangan merasa terlalu khawatir, apalagi berpikir tidak akan mendapatkan jodoh, ya. Sebab, semua itu akan kembali lagi ke Sang Pencipta, sebagai manusia kita hanya perlu berusaha dan berdoa. Wallahualam.