5 Tips Mudah Mengatasi Jerawat di Alis

All about hijab.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2022 11:56
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kulit berjerawat. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit berjerawat. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Jerawat bisa muncul apabila kulit memproduksi banyak minyak. Kondisi ini masih banyak dialami oleh perempuan, laki-laki, remaja, maupun dewasa. Sayangnya, area munculnya jerawat terkadang membuat bete, salah satunya di alis.
ADVERTISEMENT
Sama halnya dengan area wajah lain, alis juga menjadi tempat yang umum dimana jerawat bisa muncul. Namun, sering kali orang tidak terlalu memperhatikan hingga ketika memulas pensil alis, jerawat pun terasa sakit.
Melansir dari Greatist, jerawat di alis bisa muncul karena rambut alis tumbuh ke dalam dan bisa menjebak kotoran, sel kulit mati, dan bakteri dalam folikel rambut.
Selain itu, kelebihan produksi sebum dan aplikator makeup yang kotor pun bisa menjadi penyebab jerawat muncul di area alis. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Melansir dari berbagai sumber, yuk simak bagaimana cara mengatasi jerawat di area alis berikut ini.
1. Melakukan double cleansing
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Melakukan tahapan ini sangat penting untuk merawat kulit wajahmu, apalagi jika seharian beraktivitas di luar ruangan. Langkah ini mampu mengangkat kotoran dan makeup yang tertinggal dan mencegah munculnya komedo atau jerawat.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa untuk pilih produk cleanser yang aman dan cocok di kulit wajahmu, ya!
2. Menggunakan tea tree oil
Tea tree oil mengandung antibakteri dan antiradang yang dapat dijadikan sebagai pilihan bahan alami untuk mengobati masalah kulit. Dalam hal ini, jenis minyak esensial ini juga efektif mengobati jerawat. Kamu cukup mengoleskannya secara langsung ke area wajah yang berjerawat, termasuk alis.
Namun, jika kamu pemilik tipe kulit sensitif, sebaiknya melakukan tes pada kulit terlebih dahulu karena dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi alergi ataupun iritasi.
3. Gunakan skincare untuk kulit berjerawat
Ilustrasi menggunakan skincare untuk kulit berjerawat. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menggunakan skincare untuk kulit berjerawat. Foto: Shutter Stock
Jika penggunaan tea tree oil tidak cocok, cobalah gunakan produk skincare yang memang dikhususkan bagi kulit berjerawat. Kini sudah banyak sekali produk yang bisa mengatasi masalah jerawat. Kamu bisa perhatikan kandungan di dalamnya, seperti salicylic acid, retinol, mugwort, dan niacinamide.
ADVERTISEMENT
4. Hindari penggunaan serum alis
Saat ini, sudah banyak sekali produk serum yang berfungsi untuk merawat ataupun melebatkan alis. Kamu boleh-boleh saja menggunakannya, asalkan ketika sedang ada jerawat di alis cobalah untuk menghindari penggunaan serum ini. Tujuannya adalah agar skincare ataupun acne spot treatment yang telah diaplikasikan dapat bekerja dengan baik dan tidak tercampur dengan kandungan yang ada di serum alis.
5. Menjaga kebersihan alat makeup
Ilustrasi alat makeup. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi alat makeup. Foto: Shutterstock
Hal ini sering sekali diabaikan. Padahal menjaga kebersihan alat makeup yang kamu punya itu penting banget, lho. Jika tidak dibersihkan, alat makeup tersebut akan menumpuk banyak bakteri yang bisa memicu timbulnya jerawat, sekalipun yang di alis.
Jadi, sebaiknya bersihkan tools brush dan alat makeup lainnya setiap dua kali seminggu, ya.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia 5 tips mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi jerawat di area alis. Tetap lakukan double cleansing, mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan tubuh dengan minum air mineral 2 liter sehari, dan menjaga kebersihan, ya!