Woman
·
20 Juli 2021 13:57
·
waktu baca 3 menit

6 Tips Mencuci Baju Thrift Agar Bebas dari Kuman Membandel

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
6 Tips Mencuci Baju Thrift Agar Bebas dari Kuman Membandel (90043)
searchPerbesar
Ilustrasi Thrifting . Foto: dok Unsplash/becca mchaffie
Hijbers, kalian pernah enggak sih beli baju thrift?
Tren di dunia fashion memang menarik banget untuk diikuti. Salah satunya tren berburu baju bekas atau istilah kerennya baju thrift. Nah, tren membeli baju thrift ini sudah banyak diminati berbagai kalangan, apalagi karena harganya yang jauh lebih murah. Jika beruntung, kamu bisa lho mendapatkan pakaian branded, tentunya dengan harga yang terjangkau.
ADVERTISEMENT
Kunggulan baju thrift selain harga dan merek yang branded, thrifting juga dinilai sebagai aksi peduli lingkungan, lho. Kok bisa? Yap, hal ini dikarenakan dengan membeli baju thrift, artinya kamu telah mengurangi limbag pakaian yang selama ini sulit teratasi.
Tapi, sayangnya banyak kabar-kabar buruk lainnya tentang baju thrift ini. Karena dinilai bisa menyebarkan virus dan penyakit. Yaa... karena pakaian yang dijual kan hasil pakai dari pemilik sebelumnya. Wajar saja sih jika banyak orang yang berpikir bahwa pakaian thrift bisa menyebarkan virus dan penyakit.
Padahal ya, permasalahan tersebut bisa diatasi, lho, dengan cara mencucinya dengan benar. Selain bisa menghindari penyebaran penyakit, juga bisa melindungi warna asli pakaian, dan terlihat baru.
Kamu penasaran enggak sih gimana caranya? Nah, dilansir dari beberapa sumber, simak tipsnya di sini, ya!
ADVERTISEMENT
1. Rendam dengan air panas
Ketika kamu membeli pakaian bekas, langkah awal yang mesti kamu lakukan adalah merendam pakaian tersebut menggunakan air panas.
Caranya gampang, kok, hijabers. Kamu cukup rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan baju ke dalam panci rebusan atau merendamnya dengan ember. Langkah ini penting banget untuk mengantisipasi kuman, bakteri, virus, atau bibit-bibit penyakit yang menempel pada baju thrift kamu. Usahakan pakaian tersebut terendam secara keseluruhan, ya.
Setelah direndam selama beberapa menit, baru deh kamu ganti air tersebut dengan air biasa, cuci, dan bilas dengan air mengalir.
2. Rendam kedua kalinya dengan detergen antiseptik
Agar proses menghilangkan kuman, bakteri, dan virus yang menempel di pakaian thrift-mu, kamu perlu merendamnya untuk kedua kalinya setelah dibilas.
ADVERTISEMENT
Cara mencuci baju thrift berikutnya adalah dengan merendam kembali menggunakan air dan detergen antiseptik. Langkah ini tidak kalah penting untuk benar-benar memastikan bahwa kuman, bakteri, dan virus yang menempel pada pakaian hilang.
3. Direkomendasikan mencuci dengan tangan
6 Tips Mencuci Baju Thrift Agar Bebas dari Kuman Membandel (90044)
searchPerbesar
Ilustrasi mencuci baju thrift. Foto: thinkstock
Setelah direndam menggunakan detergen antiseptik, langkah selanjutnya adalah mencuci atau menkucek pakaian thrift menggunakan tangan. Direkomendasikan untuk mengkuceknya menggunakan tangan dari pada mesin cuci yang hanya diputar dengan kencang, tanpa dikucek secara menyeluruh.
Dengan mencucinya pakai tangan, kamu bisa memperhatikan detail-detail baju untuk menemukan noda pada pakaian. Kamu bisa menggunakan detergen tambahan dan sikat cuci baju untuk menghilangkan noda tersebut.
4. Bilas dengan pewangi dan pelembut pakaian
Setelah pakaian dirasa bersih, kamu bisa bilas baju yang sudah dikucek dengan rendam kembali menggunakan pewangi dan pelembut pakaian sekitar 30 menit.
ADVERTISEMENT
Alasan penggunaan pewangi dan pelembut pakaian seperti ini untuk menghilangkan bau apek yang biasanya sulit untuk dihilangkan dengan detergen.
5. Jemur dengan cara membalik pakaian
Langkah selanjutnya adalah menjemur pakaian dengan cara membalik bagian luar untuk melindungi warna aslinya.
Jangan lupa sebelum dijemur, peras dulu baju yang basah untuk mempercepat proses penjemuran. Usahakan juga untuk tidak menjemurnya langsung di bawah sinar matahari, ya.
6. Menyetrika baju thrift
Nah, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menyetrika pakaian thrift untuk menghilangkan kesan kusut sehingga pakaian tampak baru lagi.
Sentuhan terakhir ini, pastikan menggunakan pewangi pakaian. Agar pakaian kembali wangi. Dengan disetrika, ini juga membantu membunuh kuman untuk ketiga kalinya.
Nah, demikianlah tips mencuci baju thrift yang benar agar bebas dari kuman. Coba diterapkan ya jika kamu membeli pakaian thrift!
ADVERTISEMENT