7 Manfaat Mugwort, Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

All about hijab.
Konten dari Pengguna
23 Mei 2022 20:44
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
7 Manfaat Mugwort, Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat (165106)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit sensitif. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Inovasi di industri kecantikan selalu berkembang pesat, seperti mengandalkan beragam bahan-bahan alami sebagai bahan dasar pembuatan produk skincare. Hal inilah yang membuat banyak beauty enthusiast excited.
ADVERTISEMENT
Salah satu bahan alami yang dibuat sebagai kandungan di dalam produk skincare adalah mugwort. Mugwort adalah tanaman yang umumnya tumbuh di beberapa wilayah, termasuk Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Tanaman yang juga dikenal sebagai Artemisia vulgaris ini kerap digunakan sebagai bahan makanan, pengobatan, sampai perawatan kulit dan dilakukan secara turun temurun di Korea Selatan.
Nah, salah satu produk yang dihasilkan dari tanaman mugwort ini adalah masker wajah. Sebenarnya, apa saja manfaat dari mugwort?
1. Mencegah munculnya jerawat
7 Manfaat Mugwort, Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat (165107)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi melihat kulit berjerawat. Foto: Shutterstock
Tanaman yang memiliki sifat antibakteri bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Permasalahan umum pada kulit ini memang biasa disebabkan oleh bakteri, oleh karenanya mugwort bisa mengatasi permasalahan tersebut.
Mugwort bekerja untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme tertentu. Dengan begitu, proses penyembuhan jerawat pun tidak akan terhambat dan proses regenerasi kulit terjadi.
ADVERTISEMENT
2. Menenangkan kulit sensitif
Kandungan di dalam mugwort tidak akan berpotensi memicu iritasi bagi pemilik kulit sensitif. Sebab, kandungan di dalamnya memiliki kemampuan untuk menenangkan. Makanya, ada banyak produk skincare yang diformulasikan khusus untuk merawat kulit sensitif dengan kandungan mugwort ini.
3. Meredakan iritasi
7 Manfaat Mugwort, Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat (165108)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit iritasi. Foto: Shutterstock
Akibat dari kandungannya yang dapat menenangkan kulit, menjadikan mugwort mampu mengatasi kulit iritasi akibat luka, gatal, gigitan serangga, reaksi alergi, ataupun ruam.
4. Menutrisi wajah
Mugwort memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu menutrisi dan melindungi kulit. Mulai dari sifatnya yang mampu menenangkan hingga dapat meredakan kemerahan, tumbuhan ini juga sangat baik untuk memberikan kesehatan pada kulit.
5. Mencerahkan kulit
7 Manfaat Mugwort, Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat (165109)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit cerah. Foto: Shutterstock
Memiliki kulit yang cerah dan halus memang jadi dambaan banyak orang. Tapi, buat kamu yang memiliki kulit kering, kusam, dan rentan berjerawat jangan khawatir lagi, karena mugwort juga diformulasikan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
ADVERTISEMENT
Bahan alami ini diformulasikan dengan adanya 85% capillary wormwood dan ekstrak akar licorice yang bekerja untuk mencerahkan dan memperkuat kulit yang rusak.
6. Mencegah tanda penuaan
Tubuh kamu secara alami menghasilkan kolagen, namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pun akan menurun. Akibatnya muncullah tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, kulit tidak elastis, dan kendur. Karena itu, dengan adanya kandungan mugwort dalam produk skincare, maka permasalahan itu bisa dicegah. Jadi, kamu tidak akan memiliki tanda-tanda penuaan lebih cepat.
7. Memperbaiki skin barrier
7 Manfaat Mugwort, Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat (165110)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi skin barrier. Foto: Shutterstock
Manfaat yang terakhir yang dapat kamu rasakan dengan memakai produk dengan kandungan mugwort adalah dapat melindungi kulit secara alami atau memperbaiki skin barrier. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dalam mugwort.
ADVERTISEMENT
Jadi, setelah tahu beberapa manfaat dari tanaman mugwort, apakah kamu jadi tertarik untuk mencoba perawatan kulit wajah yang mengandung mugwort? Atau kamu sudah pernah menggunakannya?