Food & Travel
·
8 Juni 2021 18:53
·
waktu baca 3 menit

7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia (329375)
Mercusuar Kermorvan. Foto: Instagram.com/christianringerphotography
Menara suar atau dikenal mercusuar adalah sebuah bangunan menara di tepi laut yang berfungsi untuk membantu navigasi kapal laut. Mercusuar akan memancarkan cahaya pada malam hari untuk memantau aktivitas di laut.
ADVERTISEMENT
Umumnya, mercusuar akan mengeluarkan cahaya yang berasal dari lampu dan lensa. Namun, pada zaman dulu, cahaya mercusuar justru berasal dari api. Tanpa mercusuar, kapal laut akan kesulitan berlayar di malam hari dan berisiko menabrak batu karang atau benda berbahaya lainnya.
Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, mercusuar jarang digunakan karena kapal laut kini sudah beralih ke GPS.
Mercusuar pertama diketahui terletak di Alexandria, Mesir. Mercusuar itu disebut dengan julukan Pharos of Alexandria. Diperkirakan, mercusuar itu dibangun pada masa pemerintahan Ptolemy II Philadelphus, sekitar 280-247 SM.
Meskipun sudah jarang digunakan, eksistensi mercusuar tidak lah hilang begitu saja. Arsitektur yang unik, dan indahnya laut menjadikan mercusuar sangat indah dipandang sehingga menarik untuk dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 mercusuar paling indah di dunia.
1. The Tower of Hercules
7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia (329376)
Mercusuar The Power of Hercules. Foto: Shutterstock/Anibal Trejo
Pelabuhan La Coruna, Galicia, Spanyol, memiliki peninggalan arsitektur yang cukup unik, yaitu mercusuar The Tower of Hercules. Mercusuar ini memiliki tinggi 55 meter menghadap ke Laut Atlantik Utara dari Pesisir Pantai Spanyol.
The Tower of Hercules adalah salah satu mercusuar tertua yang beroperasi di dunia. Mercusuat bergaya Romawi kuno ini pun telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
2. Kopu Lighthouse
7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia (329377)
Mercusuar Kopu Lighthouse. Foto: Instagram.com/teraserkki
Kopu Lighthouse yang berlokasi di bagian barat Estonia, diyakini sebagai mercusuar tertua di negara-negara Baltik. Mercusuar Kopu Lighthouse diketahui didirikan pada 1505.
3. Mercusuar Kermorvan
7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia (329378)
Mercusuar Kermorvan. Foto: Instagram.com/christianringerphotography
Mercusuar Kermorvan ini berada di titik paling timur Prancis. Diketahui, mercusuar Kermorvan sudah ada sejak 1849.
ADVERTISEMENT
4. Cape Reinga Lighthouse
7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia (329379)
Mercusuar Cape Ringa Lighthouse. Foto: Instagram.com/travelnewzealandwithme
Cape Ringa merupakan tempat terbaik di utara Selandia Baru. Di sana, kamu akan menemukan mercusuar Cape Reinga Lighthouse dengan pemandangan paling indah yang tidak akan mudah untuk dilupakan.
Cape Reinga Lighthouse didirikan pads 1941. Cahaya yang terpancar dari mercusuar tersebut bisa mencapai jarak 19 mil dan cukup untuk memberikan sinyal kepada kapal-kapal muatan yang tiba dari Laut Tasman dan Pasifik Utara.
5. Mercusuar Tourlitis
7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia (329380)
Mercusuar Tourlitis. Foto: Instagram.com/alluring_andros
Mercusuar biasanya berlokasi di pulau yang indah, tetapi berbeda dengan Mercusuar Tourlitis yang berada di lepas pantai kota pelabuhan Andros, Yunani. Mercusuar Tourlitis seperti monumen yang tumbuh di atas pulau karang yang dipahat oleh cuaca.
Mercusuar Tourlitis yang dibangun pertama kali pada 1897 ini memiliki perawakan yang indah. Kolom batu yang jadi pondasi dibentuk oleh ribuan tahun erosi alami. Mungkin, inilah salah satu mercusuar dengan visual terbaik di kolong langit.
ADVERTISEMENT
6. Ricasoli Breakwater Light
7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia (329381)
Mercusuar Ricasoli Breakwater Light. Foto: Instagram.com/timcanty
Mercusuar Ricasoli Breakwater Light dibangun pada 1908 yang berada di sisi timur gerbang masuk Grand Harbour of Valleta di Malta. Diketahui mercusuar Ricasoli Breakwater Light masih beroperasi hingga sekarang.
Mercusuar Ricasoli Breakwater Light bisa menjadi objek yang memikat ketika ombak ganas menerjang.
7. Mercusuar Pulau Lengkuas
7 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia (329382)
Mercusuar Pulau Lengkuas. Foto: Instagram.com/nomads_lady
Tak hanya di luar negeri saja, Indonesia juga memiliki mercusuar dengan pemandangan yang indah, yaitu Mercusuar Pulau Lengkuas.
Mercusuar Pulau Lengkuas berada di Provinsi Bangka Belitung, Pulau Lengkuas. Mercusuar ini kira-kira memiliki panjang 50 meter yang dibangun pada era kolonial Belanda. Sayangnya, pengunjung tidak diperbolehkan menaiki mercusuar ini sejak 2017.
Nah, itulah tujuh mercusuar dengan pemandangan paling indah di dunia.
ADVERTISEMENT