Entertainment
·
4 Juli 2020 13:32

Bolehkan Muslim Mengonsumsi Daging Kuda?

Konten ini diproduksi oleh
Bolehkan Muslim Mengonsumsi Daging Kuda? (59918)
Kuda. Foto: Wikimedia Commons
Dalam ketentuan syariat Islam, ada yang namanya halal dan haram. Tentu saja, umat muslim hanya diperbolehkan melakukan dan mengonsumsi sesuatu yang halal.
ADVERTISEMENT
Dalam segi makanan, peraturan Islam dalam hal ini pun bisa dianggap ketat. Ada makanan halal dan ada pula makanan haram. Ada beberapa makanan haram yang harus dihindari umat muslim, seperti daging babi.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Maidah ayat 3 yang artinya:

"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala."

Daging sapi, kerbau, bahkan unta adalah makanan yang halal dikonsumsi jika disembelih dengan cara yang benar. Lalu, bagaimana dengan daging kuda? Apakah mengonsumsi daging kuda itu halal atau haram dalam Islam?
ADVERTISEMENT
Dalam bahasa Arab, kuda berarti "al-khayl". Di dalam Alquran, kuda bahkan disebut menjadi salah satu harta dunia.
Allah berfirman dalam QS. Ali-Imran ayat 14 yang artinya:

"Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang di inginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan shallallahu ‘alaihi wasallamah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik."

Tak jarang, kuda memang banyak dipelihara oleh masyarakat. Umumnya, kuda menjadi hewan tunggangan. Sebagaimana yang telah dirangkum dari beberapa sumber, memakan daging kuda hukumnya adalah halal sesuai dengan hadis berikut:
"Nabi (Muhammad) SAW melarang (memakan) daging keledai dan beliau membolehkan memakan daging kuda saat perang Khaibar (berlangsung)." (HR. Bukhari dan Muslim)
ADVERTISEMENT
Meski tidak dijelaskan di dalam Alquran, namun hadis di atas bisa dianggap bahwa memakan daging kuda itu diperbolehkan.
Kehalalan mengonsumsi daging kuda dari beberapa ulama yang menghalalkannya, haruslah diikuti dengan syarat sembelih hewan yang sah sesuai Islam. Ini juga sesuai dengan Mazhab Syafi'i, Hanbali, dan Hanafi yang memperbolehkan memakan daging kuda. Namun, jika kalian masih ragu untuk mengonsumsi daging kuda, maka ini juga hal yang baik selama tetap bisa saling menghormati dan menghargai pandangan yang dianut oleh orang lain.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white