Entertainment
·
20 September 2020 13:55

Dampak Negatif jika Larut dalam Prasangka Buruk

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Dampak Negatif jika Larut dalam Prasangka Buruk (131400)
Ilustrasi dampak negatif berprasangka buruk. Foto: Unsplash,com/kellysikkema
Islam melarang umat Muslim untuk berprasangka buruk kepada siapa saja. Terlebih prasangka buruk yang tidak sama sekali mendatangkan kebaikan.
ADVERTISEMENT
Setiap manusia tentu pernah menaruh rasa curiga kepada siapa pun. Hal ini pun wajar-wajar saja, kalau itu sebagai bentuk proteksi diri. Apalagi kalau orang yang kamu taruh curiga itu memiliki rekam jejak yang jelas untuk selalu dicurigai oleh siapa pun.
Tapi, jangan sampai hidup kamu selalu dipenuhi rasa curiga yang berlebihan ya, apalagi sampai menuduh yang macam-macam. Amalan, hati, dan pikiran kamu akan kacau jika harus memelihara prasangka buruk yang jelas dikuasai oleh setan. Allah SWT sangat tidak menyukai itu karena termasuk dalam bagian dari dosa besar.
Berprasangka buruk termasuk dalam tiga rangkaian dosa yang dapat membuat kamu jatuh di dalamnya tanpa sadar.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hujurat ayat 12 yang artinya:
ADVERTISEMENT

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah memperbanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

Selalu berprasangka buruk dapat memberikan dampak luar biasa kepada diri sendiri sehingga membuat kita tidak sehat secara rohani. Hati akan selalu merasa cemas, gelisah dan tak tenang. Memelihara emosi negatif akan membuat aura jiwa menjadi negatif. Kamu akan selalu memandang orang bermuka dua, pengkhianat, dan lainnya. Maka dari itu, cara pandangmu akan menentukan bagaimana cara orang lain melihatmu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, berprasangka buruk pula dapat menimbulkan permusuhan antar sesama. Jika kamu terlalu larut dalam prasangka buruk, kamu akan cenderung sensian, mudah marah, membatasi diri dari pergaulan sehingga dapat memperburuk pertemanan atau jalin silaturahmi.
Allah SWT berfirman dalam QS. Yunus ayat 36 yang artinya:

"Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan."

Jadi, usahakan untuk tidak menanaman prasangka buruk dalam diri agar tubuh kamu juga selalu sehat secara rohani dan hidup yang dijalani lebih damai.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white