kumparan
search-gray
Woman28 Juli 2020 17:37

Doa yang Diucapkan saat Sujud Syukur

Konten kiriman user
Doa yang Diucapkan saat Sujud Syukur (144526)
Ilustrasi seseorang yang melakukan sujud. Foto: Pixabay
Dalam melaksanakan salat, semua umat Muslim tahu bahwa ada gerakan sujud di dalamnya. Dalam salah satu hadist, sujud dianggap gerakan istimewa yang menyebutkan bahwa itu merupakan waktu paling dekat seorang umat dengan Sang Penciptanya.
ADVERTISEMENT
"Keadaan yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannay adalah keasaan sujud. Maka, perbanyaklah kalian berdoa di dalamnya." (HR. Muslim)
Dari hadist itu pula, pada keadaan sujud, doa kita akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Wallahualam.
Jika dalam salat, biasanya sujud terakhirlah yang banyak dilakukan oleh seorang Muslim dan Muslimah untuk memanjatkan doa. Makanya, bagi umat Islam, sujud adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.
Dalam persoalan mensyukuri nikmat Allah SWT, sesuai ajaran Islam tidak hanya diajarkan untuk mengucapkan Alhamdulillah saja, tetapi juga melakukan sujud syukur.
Sujud syukur ini dilakukan oleh umat Islam sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan berterima kasih kepada Allah SWT.
Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya:
ADVERTISEMENT
"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."
Bukan hanya asal sujud, dalam melakukan sujud syukur ada doa yang harus kalian panjatkan di dalamnya.
Membaca kalimat tasbih, tahmid, dan tahlil
سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ,وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ
Subhaanallah walhamdulillaah walaa ilaaha illallooh walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'azhiim
Artinya: Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung.
Membaca doa sujud syukur
سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِه فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِين
ADVERTISEMENT
Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin.
Artinya: Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta.
Membaca Surat An-Naml ayat 19
رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ
Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'laa waalidayya wa-an a'mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibadikash shoolihiin.
Artinya: Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.
ADVERTISEMENT
Begitulah doa yang bisa kalian ucapkan saat melakukan sujud syukur atas nikmat yang telah Allah SWT titipkan kepada kita semua.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white