Entertainment
·
14 Januari 2021 17:53

Hadis Tentang Keutamaan Indahnya Senyuman

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Hadis Tentang Keutamaan Indahnya Senyuman (283534)
Ilustrasi senyum. Foto: Unsplash.com/abhidevvaishnav
Memberikan senyuman kepada sesama saudara akan mendatangkan sejumlah kebaikan. Selain itu, senyum juga bernilai ibadah sedekah jika kamu melakukannya ke sesama muslim.
ADVERTISEMENT
Senyum adalah cara kita mengekspresikan rasa yang dialami. Pun bentuk dari kelembutan hati sekaligus tanda mulianya akhlak seseorang. Senyum pula merupakan bentuk sedekah paling ringan yang bisa dilakukan kepada siapa saja.
Dilansir dari beberapa sumber, terdapat banyak hadis yang menjelaskan tentang keutamaan senyum. Simak ulasannya di sini.
1. Senyum adalah kebajikan
"Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri." (HR Muslim no 2626)
2. Senyum adalah bentuk sedekah
Sedekah paling ringan yang diperhitungkan oleh Allah SWT untuk menambah pahala kita adalah senyum.
"Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu." (Sahih, HR Tirmidzi no 1956)
3. Menjadi sarana berbuat baik kepada manusia
Rasulullah SAW bersabda,
ADVERTISEMENT
"Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia denga hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan (pada) wajahmu." (HR al-Hakim)
Itulah indahnya Islam, perbuatan positif berupa senyum saja bisa mendulang pahala. Tidak cuma menekankan ibadah, Islam juga mengajarkan kita untuk berkasih sayang kepada sesama.
Memberikan senyuman kepada sesama muslim tentu suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Senyuman yang kita berikan akan mendulang pahala untuk kita sendiri. Jadi, jangan lupa untuk tersneyum, ya.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white