Entertainment
·
8 Desember 2020 11:53

Inilah Alasan Kenapa Al-Fatihah Menjadi Surat Pembuka dalam Al-Quran

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Inilah Alasan Kenapa Al-Fatihah Menjadi Surat Pembuka dalam Al-Quran (10641)
Kitab suci Al-Quran. Foto: Pixabay
Surat Al-Fatihah dipandang sebagai surat yang penuh keistimewaan. Banyak sekali keajaiban ketika umat muslim membacanya, salah satunya sebagai pembuka pintu rejeki.
ADVERTISEMENT
Setiap muslim tahu, AL-Fathihah selalu ada disetiap rakaat dalam salat. Itu menjadi salah satu faktor terpenting mengapa Al-Fatihah adalah surat yang penuh keistimewaan.
Namun, pernah atau tidak kamu berpikir mengapa surat Al-Fatihah menjadi surat pembuka atau surat pertama dalam Al-Quran?
Kita semua tahu, bahwa Al-Fatihah bukanlah surat pertama yang diturunkan oleh Allah SWT, melainkan surat Al-Alaq. Inilah yang membuat kebanyakan orang merasa bingung, kenapa Al-Quran tidak disusun berdasarkan urutan yang diturunkan?
Pada umumnya, penyusunan surat di dalam Al-Quran dibagi menjadi dua, yakni ijtihadi (usaha pemikiran) dan tauqifi (petunjuk dari Allah SWT dan Rasulullah SAW).
Penyusunan Al-Quran secara ijtihadi artinya penyusunan Al-Quran yang didasari dari usaha pemikiran para sahabat, seperti Utsman bin Affan dan kawan-kawan. Sedangkan tauqifi adalah penyusunan Al-Quran yang hanya berasal dari petunjuk Allah SWT dan Rasulullah SAW serta tidak ada campur tangan para sahabat.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari beberapa sumber, Abu Ja'far Al Gharnathi yang merupakan seorang ulama Andalus telah menjelaskan mengapa Al-Fatihah menjadi surat pertama dalam Al-Quran.
Ia mengatakan bahwa Al-Fatihah mengandung makna global yang akan dirinci dalam Al-Quran secara keseluruhan. Surat ini pula wajib dihafal oleh seluruh umat muslim, karena ketika melaksanakan salat maka mereka harus membaca Al-Fatihah terlebih dahulu sebelum membaca surat pendek lainnya.
Selain itu, surat yang diawali dengan kalimat Alhamdulillah ini disyariatkan untuk dibaca setiap mengawali segala aktivitas. Lalu, dilanjutkan dengan menyebutkan asmaul husna (ar-Rahman ar-Rahim).
Itulah mengapa surat Al-Fatihah menjadi alasan sebagai surat pertama yang ada di dalam Al-Quran. Terlebih lagi, Al-Fatihah memiliki arti "pembuka". Wallahualam.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white