Woman
·
6 April 2021 13:51

Khatam Al-Quran Selama Ramadhan? Ikuti 5 Tips Ini Yuk

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Khatam Al-Quran Selama Ramadhan? Ikuti 5 Tips Ini Yuk (10729)
searchPerbesar
Ilustrasi khatam Al-Quran. Foto: Unsplash.com/thedancingrain
Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti-nanti bagi umat muslim di seluruh dunia. Mereka akan berlomba-lomba untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dengan melakukan banyak amalan-amalan baik, salah satunya membaca Al-Quran.
ADVERTISEMENT
Meskipun ada banyak amalan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan, seperti salat tarawih dan sedekah, membaca Al-Quran sampai khatam termasuk amalan yang tentu saja dapat dilakukan selama bulan Ramadhan. Meskipun tidak ada patokan waktunya, tetapi mengkhatamkan Al-Quran ketika Ramadhan, akan mendapatkan ganjaran yang besar.
Tapi, apakah sanggup seseorang dapat khatam Al-Quran dalam satu bulan?
Di bulan Ramadhan, sebagian umat muslim tentu akan memfokuskan diri untuk beribadah dan mengharapkan kebaikan sebanyak-banyaknya. Di bulan itu pula, kitab suci Al-Quran pertama kali turun, sehingga bulan suci Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan Allah SWT melalui Al-Quran.
Nah, supaya proses tadarus dan mengkhatamkan Al-Quran dapat terwujud dan terasa lebih ringan, simak dulu yuk beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para muslim dan muslimah.
ADVERTISEMENT
1. Mengokohkan niat
Khatam Al-Quran Selama Ramadhan? Ikuti 5 Tips Ini Yuk (10730)
searchPerbesar
lustrasi seseorang sedang berdoa. Foto: REUTERS/Jorge Silva
Ketika hal yang ingin kamu capat dapat terwujud, bangun niat dan kokohkan niat tersebut menjadi cara efektif untuk memacumu dalam memuwujudkannya. Hal ini pula, bisa kamu terapkan untuk menyelesaikan membaca Al-Quran sebanyak 30 juz.
Rasulullah SAW bahkan mengajarkan umatnya melalui kata-kata dan tindakan tentang pentingnya memiliki niat atau tujuan.
Jadi, niatkan khatam Al-Quran selama satu bulan hanya untuk mencapau ridha Allah SWT semata. Yakin bahwa kamu bisa khatam selama Ramadhan.
2. Baca 1 juz setiap harinya
Tips selanjutnya, untuk meringankan keinginanmu khatam Al-Quran selama Ramadhan, Cobalah untuk baca satu juz setiap harinya. Membaca Al-Quran bisa kamu terapkan setiap selesai salat lima waktu.
Al-Quran memiliki kuang lebih 600 halaman. Nah dari sini, kamu bisa membaginya dengan 30 hari. Itu artinya, dalam sehari setidaknya kamu membaca Al-Quran sebanyak 20 halaman. Kemudian, kamu juga bisa membaginya dengan 5 salat waktu. Sehingga, setiap selesai salat wajib, kamu cukup membaca AL-Quran sebanyak 4 halaman.
ADVERTISEMENT
3. Gunakan aplikasi Al-Quran di ponsel
Khatam Al-Quran Selama Ramadhan? Ikuti 5 Tips Ini Yuk (10731)
searchPerbesar
Membaca Al Quran lewat ponsel (Foto: Ridho Robby/kumparan)
Teknologi sudah semakin canggih, jadi kamu jangan kudet, ya. Untuk khatam Al-Quran, kamu bisa lho mendownload aplikasi Al-Quran di ponselmu agar lebih mudah untuk dibawa dan dibaca di mana saja.
Kamu tinggal menyisihkan waktu luang untuk memuwujudkan cita-sitamu khatam Al-Quran selama Ramadhan.
4. Tadarus bersama
Ketika kamu merasa malas untuk melakukannya, cobalah hal baru dengan melakukan tadarus bersama. Ini bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman. Mereka akan menjadi teman rohanimu. Melibatkan mereka dalam menggapai harapanmu khatam Al-Quran bisa menjadi langkah cepat.
5. Pahami Al-Quran
Khatam Al-Quran Selama Ramadhan? Ikuti 5 Tips Ini Yuk (10732)
searchPerbesar
Ilustrasi memahmi Al-Quran. Foto: Unsplash.com/abfaaraz100
Khatam Al-Quran, tetapi tidak mengetahui maknanya? Duh, membaca Al-Quran bukan hanya sekadar membaca. Tetapi kamu juga perlu memahami apa yang telah dibaca.
ADVERTISEMENT
Cobalah untuk membaca terjemahan setiap kali kamu membaca Al-Quran. Ini juga bisa menambah ilmu kamu, lho.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika ingin khatam Al-Quran selama Ramadhan. Semoga Ramadhan ini, kamu bisa khatam ya!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020