Pencarian populer
USER STORY
17 Oktober 2018 16:50 WIB
0
0

Kisah Sukses Menteri Apa Adanya Padahal Banyak Adanya - Bagian 2

Dari pengalaman berjualan ikan, Susi sekalian mengasah kemampuan Bahasa Inggris sebab seringkali pembelinya berasal dari daratan Eropa dan Amerika. Tidak heran jika ia pernah menikah dengan pilot berkebangsaan asing, Christian von Strombeck. Dari mantan suaminya itu Susi bersama-sama membangun bisnis penerbangan.

Chairul Tanjung atau CT, pemilik CT Corp pernah menyebut nama Susi Pudjiastuti dalam bukunya Chairul Tanjung si Anak Singkong. Sebab Susi berperan besar saat dirinya mengirimkan bantuan bencana alam tsunami di Aceh pada 2004. Saat itu, Susi meminjamkan pesawatnya secara cuma-cuma. Tetapi hal tersebut menarik simpati orang sehingga banyak pihak menyewa pesawatnya dengan berbagai tawaran harga. Dari situlah muncul bisnis Susi Air.

Penampilan Apa Adanya | www.flickr.com oleh Topikindo Indonesia

Meski pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, Susi Air pernah dilarang beroperasi sementara oleh Menteri Perhubungan saat itu, Igantius Jonan. Namun, pada masa Jokowi-lah Susi dikenal oleh dunia internasional. Khususnya masyarakat Indonesia, di awal kemunculannya banyak pihak meragukan kompetensi dirinya dalam bekerja. Susi bercerita dalam suatu kuliah umum di Unpad sering ia merasakan ejekan akibat tidak tamat SMA. Bahkan hinaan dari beberapa profesor dan rekan kerjanya sesama menteri.

Susi Pudjiastuti: "Tenggelamkan!" | www.flickr.com oleh Kabul Kavalera

Akan tetapi, jangan lagi-lagi menyatakan Susi Pudjiastuti tidak tamat SMA. Sebab, terhitung Maret 2018 Susi lulus ujian kejar paket C jurusan IPS. Malah capaian prestasinya merupakan tertinggi di antara rekan-rekan sesama siswa paket C se-Kabupaten Ciamis. Jadi, hati-hatilah jangan sampai menyebut Susi tidak tamat sekolah. Bisa-bisa Anda ditenggelamkan, lho!

Ada cerita menarik dari Singapura, event Air Singapore Show. Susi duduk di sebuah booth pameran pesawat sambil merokok. Siapa sangka wanita itulah yang kemudian membeli 39 pesawat untuk bisnis penerbangan miliknya?

Referensi:

https://mojok.co/red/ulasan/pojokan/susi-pudjiastuti-lulus-ujian-paket-c-ambil-sepeda/

https://news.mypangandaran.com/apasiapa/read/1/susi-pudjihastuti-juragan-pesawat-dari-pangandaran

Kuliah Umum “Perikanan untuk Kemandirian Bangsa dan Peningkatan Daya Saing Ekonomi” bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Universitas Padjadjaran. 18 Agustus 2017

Seminar “Illegal Fishing and Sustainable Development” Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan. Universitas Padjadjaran. 31 Maret 2017

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60