Mana yang Lebih Ampuh, Acne Patch atau Acne Spot Gel?

All about hijab.
Konten dari Pengguna
21 April 2022 14:18
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mana yang Lebih Ampuh, Acne Patch atau Acne Spot Gel? (134510)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan sedang memperhatikan jerawat. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Acne patch dan acne spot gel adalah produk yang kehadirannya berfungsi untuk mengatasi jerawat. Kedua produk tersebut dapat menjadi andalanmu ketika sedang mengalami jerawat yang meradang. Namun, keduanya memiliki cara kerja yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Acne patch atau dikenal juga dengan pimple patch adalah produk jerawat yang berbentuk sticker yang biasanya memiliki bentuk bulat dan transparan. Tetapi, tak sedikit pula yang memiliki bentuk unik dengan warna yang cantik.
Sedangkan acne spot gel merupakan produk obat jerawat yang berbentuk gel, krim, atau cairan yang biasanya tersedia dalam kemasan tube. Meski memiliki cara kerja yang berbeda, keduanya sama-sama memiliki kandungan yang dapat meredakan jerawat.
Mana yang Lebih Ampuh, Acne Patch atau Acne Spot Gel? (134511)
zoom-in-whitePerbesar
Acne patch untuk mengempeskan jerawat. Foto: shutterstock
Obat jerawat yang berbentuk sticker, umumnya mengandung bahan-bahan yang ampuh untuk mengeluarkan minyak, kotoran, dan cairan yang muncul dari jerawat sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Menariknya, produk ini bisa kamu diamkan menempel di atas jerawat selama 8-10 jam dan tidak akan membuat kulitmu kering. Pemakaiannya pun bisa kapan saja dan dalam keadaan apa pun.
ADVERTISEMENT
Tanda bahwa acne patch kamu berhasil mengempeskan jerawat, ketika sticker dilepas akan terlihat zat seperti gel putih (cairan dan minyak pada jerawat) yang berhasil terserap dan menempal pada acne patch. Mau hasil yang maksimal? Sebaiknya gunakan acne patch ketika jerawatmu benar-benar matang, ya.
Berbeda dengan acne patch yang cara kerjanya hanya ditempel saja, acne spot gel atau obat totol jerawat ini penggunaannya juga sangat mudah, yakni hanya perlu dioleskan pada bagian yang berjerawat saja. Biasanya, obat ini mengandung bahan-bahan, seperti belerang, benzoil peroksida, asam salisilat, dan lain-lain yang ampuh menyembuhkan jerawat hingga kering.
Mana yang Lebih Ampuh, Acne Patch atau Acne Spot Gel? (134512)
zoom-in-whitePerbesar
Acnol Lotion for Acne (Foto: Acnol )
Untuk penggunaannya sendiri, obat totol jerawat ini bisa kamu pakai tanpa harus menunggu jerawat matang. Jadi, dapat dioleskan ketika ada jerawat yang baru tumbuh.
ADVERTISEMENT
Eits, kamu juga perlu hati-hati menggunakan acne spot gel ini, karena biasanya tidak semua cocok untuk jenis kulit. Untuk itu, jika kamu memiliki kulit sensitif, ada baiknya lebih memerhatikan kandungan yang ada dalam obat totol jerawat sebelum menggunakannya agar tidak menyebabkan iritasi.
Nah, jika kamu memiliki jerawat dangkal yang dekat dengan permukaan kulit, seperti komedo, acne patch bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit.
Meski kedua obat jerawat ini memiliki cara kerja yang berbeda, namun keduanya sama-sama memiliki kandungan yang dapat meredakan jerawat. Pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, menurutmu mana yang lebih ampuh?