Manfaat Berjabat Tangan

Hijab Lifestyle
All about hijab.
Konten dari Pengguna
19 Oktober 2018 16:48 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Assalamu’alaikum ukhti, akhi, Dalam islam ketika kita bertemu dengan satu sama lain dianjurkan untuk mengucapkan salam dan berjabat tangan, seperti dalam hadist berikut
ADVERTISEMENT
إِنَّ الْـمُؤْمِنَ إِذَا لَقِيَ الْـمُؤْمِنَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ، وَأَخَذَ بِيَدِهِ فَصَافَحَهُ، تَنَاثَرَتْ خَطَايَاهُمَا كَمَا يَتَنَاثَرُ وَرَقُ الشَّجَرِ
“Sesungguhnya seorang mukmin apabila bertemu dengan mukmin yang lain, lalu ia mengucapkan salam dan mengambil tangannya untuk menjabatnya, maka akan berguguran kesalahan-kesalahan keduanya sebagaimana bergugurannya daun-daun pepohonan.” (HR. Al-Mundziri dalam At-Targhib 3/270, Al-Haitsami dalam Al-Majma’ 8/36, lihat Ash-Shahihah no. 526)
Berjabat tangan dengan sesama muslim (Foto: Pixabay)
مِنْ تَمَامِ التَّحِيَّةِ أَنْ تُصَافِحَ أَخَاكَ
“Termasuk kesempurnaan tahiyyah (ucapan salam) adalah engkau menjabat tangan saudaramu.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 968, Asy-Syaikh Al-Albani t dalam Shahih Al-Adabil Mufrad menyatakan: Sanadnya shahih secara mauquf)
Manfaat Berjabat Tangan (Foto : Pixabay)
Hal ini didukung oleh pakar kebahagiaan, Gretchen Rubin, bersalaman saat kita baru berjumpa atau berpisah dengan orang lain bisa mempererat hubungan. Cara ini efektif untuk membuat kita menyadari akan kedatangan atau perginya seseorang. Kebiasaan ini bisa menciptakan koneksi dan pengakuan, serta meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan, baik itu dengan anggota keluarga, pasangan, maupun teman.
ADVERTISEMENT