Mengapa Body Lotion Tidak Boleh Dioleskan pada Wajah?

All about hijab.
Konten dari Pengguna
13 Juni 2022 13:28
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menggunakan body lotion di wajah. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menggunakan body lotion di wajah. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Kelembapan kulit harus tetap kamu jaga. Karena, kelembapan kulit ini bisa saja hilang, lho. Hal ini sebabkan oleh bertambahnya usia dan dehidrasi. Efeknya, fungsi kelenjar kulit akan menurun sehingga menghasilkan kadar lipid alami yang rendah.
ADVERTISEMENT
Makanya, penting sekali bagi kamu untuk menjaga kelembapan kulit, baik wajah maupun tubuh. Banyak produk pelembap yang ada dan beredar di pasaran yang dapat kamu pilih untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap dari ujung kepala sampai ujung kaki.
Mengapa sih penggunaan pelembap penting? Sebagai bagian terluar tubuh, kulit berperan untuk melindungi seluruh organ tubuh bagian dalam. Kulit kita bertindak sebagai garis pertahanan pertama terhadap lingkungan yang keras, polusi, kotoran, dan bakteri berbahaya. Oleh karena itu, kulit membutuhkan hidrasi yang cukup agar tetap sehat.
Pelembap wajah dan tubuh sama-sama berfungsi untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Namun, keduanya diformulasikan secara berbeda dalam mengatasi permasalahan kulit.
Ilustrasi body lotion. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi body lotion. Foto: Shutterstock
Mungkin banyak dari kalian yang bertanya, apakah body lotion atau pelembap tubuh dapat digunakan sebagai moisturizer pada wajah?
ADVERTISEMENT
Jawabannya tidak. Meskipun body lotion dan moisturizer memiliki manfaat yang sama, namun keduanya jelas berbeda. Produk perawatan kulit disesuaikan untuk mengatasi masalah khusus sesuai dengan jenis kulit tertentu. Sedangkan produk untuk tubuh tidak diperbolehkan untuk diterapkan pada wajah karena perbedaan tekstur kulit.
Melansir dari laman StyleCraze, ciri pembeda pertama antara kulit wajah dan tubuh adalah ketebalannya. Kulit wajah memiliki jenis kulit yang tipis, seperti pada bagian mata. Sedangkan area tubuh lainnya lebih tebal, terutama di sekitar pinggul, paha, dan perut.
Kedua, kulit wajah jauh lebih sensitif dari pada tubuh. Kulit wajah yang memang lebih sensitif, apalagi sering terkena sinar matahari, polusi, suhu yang ekstrim, dapat menambah kerentanannya. Dengan perbedaan tekstur kulit tersebut, wajar saja jika pelembap yang digunakan berbeda untuk wajah maupun tubuh.
ADVERTISEMENT
Hal senada juga dikatakan oleh seorang dokter kulit di Weston, Florida, Dr. Anna Chacon yang mengatakan bahwa kulit di wajah jauh lebih tipis dan halus.
Menurut Acne.org, kulit wajah memiliki pori-pori yang lebih kecil yang mengandung konsentrasi kelenjar minyak yang lebih tinggi, sehingga rentan terhadap jerawat. Sementara itu, kulit di punggung dan kaki lebih tebal. Kulit ini memiliki pori-pori yang lebih besar, tetapi juga lebih kuat dan tahan banting.
Ilustrasi pelembap wajah. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pelembap wajah. Foto: Shutter Stock
Produk pelembap wajah dan tubuh memiliki kandungan yang berbeda. Melansir dari Healthline, body lotion biasanya mengandung bahan pelembap, seperti mentega atau minyak untuk mengunci kelembapan. Namun, bahan-bahan inilah yang justru dapat memperburuk masalah kulit wajah, seperti jerawat. Selain itu, umumnya body lotion memiliki aroma. Aroma yang digunakan pula dapat dengan mudah membuat kulit wajah iritasi jika dioleskan ke wajah.
ADVERTISEMENT
Karena body lotion dirancang untuk kulit yang lebih keras dan tebal, maka tidak diharuskan untuk digunakan pada wajah. Akibatnya, mungkin kamu akan merasakan beberapa efek sampingnya, seperti kemerahan, sensasi terbakar, gatal dan iritasi, dan jerawat.
Jadi, sebaiknya jangan gunakan produk body lotion untuk moisturizer atau pelembap wajah karena selain bukan diformulasikan untuk kulit wajah yang cenderung lebih tipis dan sensitif, tetapi juga efek sampingnya yang berbahaya.