News
·
24 Mei 2021 14:05

Musk dan Amber, Aroma Parfum yang Disukai Nabi Muhammad SAW

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Musk dan Amber, Aroma Parfum yang Disukai Nabi Muhammad SAW (49061)
searchPerbesar
Ilustrasi parfum favorit Nabi Muhammad SAW. Foto: Unsplash.com/Laura Chouette
Menjaga kebersihan dan kerapian ada berbagai macam caranya. Salah satu cara yang diajarkan Nabi Muhammad SAW adalah dengan memakai wangi-wangian, bagi bagi laki-laki maupun perempuan.
ADVERTISEMENT
Dalam ajaran Islam, seorang pria dianjurkan untuk memakai wangi-wangian yang semerbak harumnya dan warnanya tak tampak. Sedangkan perempuan, dimakruhkan untuk memakai wangi-wangian dengan harum yang menyengat saat keluar rumah, seperti masjid. Namun, bagaimanapun juga, seorang perempuan tetap diperbolehkan keluar dengan memakai aroma parfum yang kuat apabila bersama dengan suaminya.
Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW yang memang menganjurkan umat Islam untuk memakai wangi-wangian juga memang menyukai wewangian. Aroma yang melekat pada tubuh beliau, tidak hanya karena penggunaan parfum saja, melainkan kebersihan lahiriahnya.
Seorang sahabat Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, "Belum pernah aku mencium bau minyak wangi, parfum atau apa pun yang seharum aroma Rasulullah SAW." (HR Muslim)
Penggunaan parfum sangat penting dalam kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW. Sebab, beliau selalu ingin tampil tetap bersih dan wangi. Bahkan, Nabi Muhammad SAW tidak akan menolak siapa pun yang memberikan parfum kepadanya.
ADVERTISEMENT
"Nabi SAW tidak akan menolak parfum." (Al-Bukhari)
Namun, kamu tahu enggak wangi parfum apa yang menjadi kesukaan Nabi Muhammad SAW?
Nabi Muhammad SAW yang memang sangat mencintai kebersihan dan aroma yang harum. Hal ini jelas terbukti dari banyaknya hadis yang membahas tentang kecintaan Nabi Muhammad SAW pada wewangian yang harumnya, sepert musk oud dan amber.
Nabi Muhammad SAW diketahui sangat menyukai wangi amber dan musk. Itulah aroma harum yang lekat dengan tubuhnya. Bahkan, Nabi Muhammad SAW juga tidak suka pergi keluar tanpa memakai sedikit parfum.
Dalam suatu kisah, istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah, biasa menyemprotkan parfum favoritnya ke pakaian setiap kali Nabi Muhammad SAW keluar untuk bertemu sahabat atau salat.
ADVERTISEMENT
Dia berkata,"Saya akan menaruh banyak wewangian pada Rasulullah SAW sejauh Anda bisa melihat kilau di dahinya yang diberkati dan janggut yang diberkati."
Diriwayatkan bahwa Muhammad ibn 'Ali berkata, "Saya bertanya pada 'Aisyah: Apakah Rasulullah memakai parfum?' Dia berkata, Ya, parfum yang digunakan pria: musk dan amber.'"
Lalu, dalam hadis lainnya, Anas meriwayatkan, "Saya tidak pernah mencium amber atau musk seharum aroma tubuh Rasulullah dan saya tidak pernah menyentuh brokat atau sutra dan menemukannya selembut tubuh Rasulullah." (HR Muslim)
Jadi, sekarang kamu tahu kan aroma parfum favorit dari Nabi Muhammad SAW.