Entertainment
·
18 Oktober 2020 15:57

Penyebab Abu Lahab Mendapatkan Keringanan Azab

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Penyebab Abu Lahab Mendapatkan Keringanan Azab (91742)
Ilustrasi neraka. Foto: Pixabay
Abu Lahab yang bernama lengkap Abu Lahab bin Abdul Muthalib bin Hasyim atau dengan nama asli Abdul Uzza adalah seorang paman Nabi Muhammad SAW yang sangat membenci perjuangan keponakannya dalam menyebarkan agama Islam. Abu Lahab juga dikenal sebagai penentang Nabi Muhammad SAW yang paling tersohor. Bahkan namanya sendiri diabadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Lahab yang artinya gejolak api.
ADVERTISEMENT
Saking bencinya kepada Nabi Muhammad SAW, Abu Lahab bahkan pernah beberapa kali merencanakan pembunuhan terhadap keponakannya tersebut.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Lahab ayat 1-3 yang artinya:

"Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak."

Konon katanya, dilansir dari berbagai sumber, surat tersebut diturunkan karena sebagai salah satu mukjizat menurut para ulama dan turun 10 tahun sebelum kematian Abu Lahab. Kematian Abu Lahab sendiri terjadi setelah Perang Badar.
Dalam kisah Abu Lahab, siapa sangka, sosoknya yang terkenal kejam dan dilaknat oleh Allah SWT mendapatkan keringanan saat di neraka. Kok bisa?
ADVERTISEMENT
Jadi, pada saat Nabi Muhammad SAW hadir di muka bumi, pamannya alias Abu Lahab turut bergembira atas kelahiran keponakannya tersebut yang bertepatan pada hari Senin, sebagaimana yang dilansir dari NU Online.
Kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut disambut kegembiraan oleh banyak orang sehingga pada hari disebut pula dengan Maulid Nabi.
Di saat Nabi Muhammad SAW kian bertumbuh menjadi sosok pria yang gagah dengan segala ketaatan kepada Allah SWT dan kebaikan-kebaikan lainnya, beliau sangat disukai oleh banyak orang. Namun, tak sedikit pula yang membenci beliau. Yap, salah satu yang paling mencolok selain Abu Jahal adalah Abu Lahab, pamannya sendiri.
Meski dalam kisahnya Abu Lahab sangat tidak menyukai keponakannya tersebut. Tetapi, sejatinya, dialah yang termasuk barisan pertama yang mendengar kenabian Muhammad, sebab dia memiliki hubungan keluarga dengan Nabi Muhammad SAW.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, Abu Lahab termasuk orang yang sangat menyayangi Nabi Muhammad SAW. Terbukti ketika Nabi Muhammad SAW lahir ke dunia, dia salah satu orang yang sangat bergembira akan hal itu.
Kegembiraan tersebut mendapatkan hadiah setimpal dari Allah SWT kepada Abu Lahab, meskipun selalu memusuhi Nabi Muhammad SAW. Abu Lahab mendapatkan keringanan azab di neraka.
Begitulah kisah kenapa Abu Lahab mendapatkan keringanan azab di akhirat oleh Allah SWT. Wallahualam.