Terapkan 5 Cara Ini untuk Menghilangkan Bau Apek pada Kamar Tidur

All about hijab.
Konten dari Pengguna
24 Juni 2022 12:39
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kamar tidur. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kamar tidur. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang paling nyaman untuk beristirahat. Makanya, tidak heran kalau banyak orang mengubah kamarnya menjadi senyaman mungkin.
ADVERTISEMENT
Namun, adakalanya kamu mengalami berbagai masalah yang dapat mengganggu kenyamanan, seperti bau apek yang tidak sedap. Ada beberapa hal yang menyebabkan bau apek, seperti udara kamar yang lembap, ruangan tidak memiliki ventilasi yang memadai, atau jarang dibersihkan. Biasanya, bau tak sedap ini disebabkan oleh adanya jamur atau lumut.
Bila hal ini sudah terjadi, ada 5 cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau lembap di kamar. Simak informasinya beriku, ya.
1. Ventilasi yang baik
Ilustrasi ventilasi di kamar. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ventilasi di kamar. Foto: Shutter Stock
Udara ruangan yang lembap biasanya disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya ventilasi yang buruk. Suatu ruangan, seperti kamar tidur memerlukan ventilasi agar mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Rutinlah untuk membuka pintu atau jendela untuk memastikan sirkulasi di dalam ruangan bekerja dengan baik. Sebisa mungkin lakukan setiap pagi dan sore hari.
ADVERTISEMENT
2. Singkirkan tumpukan baju kotor
Coba perhatikan lagi, apakah ada tumpukan baju kotor di kamarmu? Jika ada, segera pindahkan ke luar ruangan. Baju yang sudah terkena keringan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap dan dapat menyebar ke seluruh bagian kamar tidur. Tak hanya baju, handuk pun begitu. Jangan pernah biarkan baju kotor atau handuk ada di dalam kamarmu.
3. Manfaatkan bubuk kopi
Ilustrasi bubuk kopi Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bubuk kopi Foto: Shutterstock
Bubuk kopi dapat jadi salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan bai. Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya penggunaan bubuk kopi untuk menghilangkan bau bekas renovasi yang dilakukan jasa desain rumah.
Bagaimana caranya? Kamu bisa meletakkan bubuk kopi di sudut-sudut kamar agar bau tak sedap segera hilang. Fungsi lainnya juga bisa menghilangkan bau busuk karena bangkai binatang atau kotoran hewan.
ADVERTISEMENT
Cara lainnya, kamu bisa menempatkan kopi bubuk di kaus kaki bekas yang masih bersih. Lalu, gantunglah di ruangan kecil dan pengap, seperti lemari atau kamar mandi. Penggunaan kopi ini dapat menyerap bau dan menyegarkan udara.
4. Pajang tanaman hias penyaring udara
Tanaman hias akan sangat berguna jika kamu meletakkannya di suatu ruangan, seperti kamar tidur. Hal ini dikarenakan tanaman hias yang dapat menyaring udara dapat menyerap bau tak sedap. Biasanya, tanaman hias yang dapat digunakan, seperti peach lily, geranium, atau lidah mertua.
5. Lilin aromaterapi
Lilin aromaterapi. Foto: Shuttestock
zoom-in-whitePerbesar
Lilin aromaterapi. Foto: Shuttestock
Bau apek bisa diminimalisir dengan menggunakan lilin aromaterapi. Tidak hanya untuk mengharumkan ruangan secara alami, tetapi penggunaannya juga memiliki efek menenangkan. Pasalnya, lilin aromaterapi punya kandungan minyak esensial.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau apek atau bau tak sedap yang ada di dalam ruangan. Coba diterapkan, ya!