kumparan
search-gray
Woman30 Juli 2020 13:18

Tidak Semua Tahu Kapan Harus Ucapkan Innalillahi

Konten kiriman user
Tidak Semua Tahu Kapan Harus Ucapkan Innalillahi (903640)
Ilustrasi orang bersedih. Foto: Unsplash.com/aliyahjam
Musibah dan anugerah silih berganti datang dalam kehidupan setiap manusia. Kedukaan dan kebahagiaan bisa datang kapan saja sebagai ujian kehidupan. Karena segala hal yang ada di dunia tidak ada yang abadi.
ADVERTISEMENT
Setiap manusia pasti pernah mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti ditinggal oleh seseorang, bahkan untuk selamanya. Ketika ditinggal untuk selamanya, umat Islam pasti akan mengucapkan innalillahi wa innailaihi raaji'un.
Tapi, sebenarnya ucapan innalillahi wa innailaihi raaji'un hanya diucapkan saat ada orang yang meninggal saja?
Innalillahi wa innailaihi raaji'un memiliki arti sesungguhnya kita adalah milik Allah dan semuanya akan kembali pada Allah SWT. Maksud dari arti tersebut bahwa semua hal yang ada di dunia, baik harta benda dan manusia, semua itu tidak ada yang abadi sehingga manusia juga tidak bisa menuntut apa-apa atas semua yang telah dimiliki. Allah SWT yang memiliki segala hal dan kehendak.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 155-156 yang artinya:
ADVERTISEMENT

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun"."

Jadi, ucapan innalillahi wa innailaihi raaji'un tidak hanya diucapkan saat ada yang meninggal saja, tetapi terhadap segala musibah yang datang. Seperti gempa bumi, banjir bandang, kebakaran, tsunami, dan bentuk musibah lainnya.
"Tidaklah seorang hamba terkena musibah kemudian ia berdoa, “sesungguhnya kita milik Allah dan sesungguhnya kita akan kembali pada-Nya, ya Allah berilah pahala dalam musibah ini dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya,” kecuali Allah akan memberikan pahala dalam musibahnya dan Allah memberi ganti yang lebih baik daipadanya." (HR Muslim)
ADVERTISEMENT
Mengucapkan innalillahi wa innailaihi raaji'un pula memiliki makna yang dalam, seperti bersabar atas ujian hidup yang dihadapi dan mencegah terjadinya emosional berlebihan.
Siapa sih yang tidak akan emosi jika dihadapkan oleh suatu musibah? Nah, dengan mengucapkan innalillahi wa innailaihi roji'un berarti mereka mencoba untuk lebih bersabar dan tidak emosional ketika terjadi musibah.
Maka dari itu, biasakan untuk mengucapkan innalillahi wa innailaihi raaji'un ketika sedang menghadapi ujian hidup, ya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white