Woman9 Agustus 2020 14:36

Tidak Suka Pamer, Ini 5 Keutamaan Bersedekah secara Diam-diam

Konten kiriman user
Tidak Suka Pamer, Ini 5 Keutamaan Bersedekah secara Diam-diam (1043152)
Ilustrasi bersedekah. Foto: Unsplash.com/cdubo
Hal yang paling mudah dilakukan manusia untuk mendapatkan pahala adalah dengan bersedekah. Bahkan, memberi senyum kepada orang lain secara ikhlas merupakan sedekah yang membawa berkah tanpa harus mengeluarkan uang sepersen pun.
ADVERTISEMENT
"Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, ber-amar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah." (HR. Tirmidzi)
Bersedekah artinya memberikan sesuatu kepada orang lain untuk suatu kebajikan secara sukarela tanpa adanya batasan waktu dan jumlah.
Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 114 yang artinya:

"Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar."

Allah SWT tentu tidak suka dengan orang yang riya atau pamer. Makanya, bersedekah dapat dilakukan secara diam-diam atau bersifat rahasia. Nah, bersedekah dengan cara seperti ini memiliki lima keutamaan seperti yang dirangkum dari beberapa sumber pada Minggu (9/8/2020).
ADVERTISEMENT
1. Digantikan dengan yang lebih baik
Sekecil atau sedikit apa pun bentuk sedekah yang diberikan, Allah SWT pasti akan menggantikannya dengan lebih baik. Asalkan sedekah yang dilakukan penuh dengan keikhlasan tanpa ada niat buruk.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 271 yang artinya:

"Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

2. Memadamkan kemurkaan Allah SWT
Hal kedua dari keutamaan bersedekah secara diam-diam adalah dapat memadamkan kemurkaan Allah SWT.
Dari Mu’awiyah bin Haidah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
ADVERTISEMENT
"Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Rabb (Allah) Tabaroka wa ta’ala." (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Kabir, lihat Shahih At-Targhib 1/532)
3. Jalan meraih keikhlasan
Jalan untuk menuju keikhlasan bisa dilakukan dengan cara bersedekah tanpa diumbar-umbar. Dengan cara sekecil ini, inshaallah kamu bisa meraih keikhlasan.
Sufyan bin Uyainah berkata, "Abu Hazim rahimahullah berkata, 'Sembunyikanlah kebaikan-kebaikanmu lebih daripada kesungguhanmu dalam menyembunyikan kejelekan-kejelekanmu'." (Ta’thirul Anfas halaman 231)
4. Menunjukkanmu ke jalan yang benar
Dengan melakukan sedekah kepada siapa saja, meski pun setan ada untuk menghasut agar tidak bersedekah, tetapi kamu menjauhkan pikiran tersebut, maka tanpa sadar dirimu telah dituntun oleh Allah SWT ke jalan-Nya.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 268 yang artinya:
ADVERTISEMENT

"Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui."

5. Harta orang bersedekah akan diberkati
Allah SWT jelas tidak menyukai umat-Nya yang melakukan riba, sekecil apa pun itu. Jadi, jika kalian melakukan riba, Allah SWT akan melenyapkan harta yang diperoleh dari riba. Sebaliknya, mereka yang jauh dari riba, maka Allah SWT akan melancarkan rezeki orang yang bersedekah.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 276 yang artinya:

"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa."

Itulah beberapa keutamaan yang bisa kalian dapatkan jika tidak mengumbar-umbar apa-apa yang sudah kalian sedekahkan. Semoga amal yang diberikan dapat menghantarkan kalian menuju surga, ya. Aamin.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white