Woman
·
6 Mei 2021 11:11

Tips Perawatan Rambut untuk Hijabers

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Tips Perawatan Rambut untuk Hijabers (98585)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@fzeo
Sebagai seorang hijabi, merawat rambut bisa menjadi tantangan tersendiri. Kita memang terkadang lupa menyisir rambut dan cenderung cuek melakukan perawatan rambut, karena berpikir bahwa rambut tertutupi hijab sepanjang hari.
ADVERTISEMENT
Bagaimana jika rambut menjadi berketombe atau rontok karena minimnya perawatan? Sebenarnya, bukanlah hal yang sulit untuk memberi perhatian pada rambut, meskipun kamu seorang hijaber. Nah, dilansir dari Hijab Life, berikut ini ada beberapa tips melakukan perawatan rambut untuk para hijabi.

Menutrisi rambut dengan suplemen

Beberapa wanita mungkin menyadari rambut semakin menipis setelah melahirkan. Hormon yang membuat rambut tumbuh subur dan indah selama kehamilan mulai berkurang, sehingga banyak helaian rambut yang rontok.
Jika kamu mengalami hal demikian usai melahirkan atau faktor lainnya, cara terbaik adalah dengan mengaplikasikan suplemen tambahan untuk rambut, seperti biotin atau kolagen. Enggak hanya mendorong pertumbuhan rambut baru, tetapi juga akan membuat rambut yang sudah ada di kulit kepala berkilau dan kuat.
ADVERTISEMENT

Ikat rambut dengan hati-hati

Para hijabers seringkali mengeluh akan sakit kepala akibat ikatan rambut yang terlalu kuat sebelum mengenakan hijab. Ternyata, bukan hanya sakit kepala yang akan kamu derita, ikatan rambut yang terlalu kuat bisa menyebabkan alopecia traksi.
Alopecia traksi adalah rambut rontok akibat menarik rambut terlalu kencang. Jadi, sebelum menggunakan hijab, pastikan kamu mengikat atau menyanggul rambut dengan lebih longgar. Ini benar-benar membantumu untuk merasa enggak kesakitan dan menghindari rambut rontok berlebihan.
Tips Perawatan Rambut untuk Hijabers (98586)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@roller1

Pijat kulit kepala secara rutin

Memijat kulit kepala membantu merangsang akar dan juga produksi minyak. Jika kebetulan kamu memiliki rambut bergelombang atau keriting, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan minyak esensial mawar. Lalu, aplikasikan dan pijat kulit kepalamu.
ADVERTISEMENT
Tips ini akan membuat rambut menjadi sangat berkilau dan sehat. Selain itu, pemijatan kulit kepala dapat membuat kamu lebih relaks saat tidur karena mengurangi ketegangan di kulit kepala. Jadi tunggu apa lagi untuk melakukan kebiasaan ini?

Keringkan rambut dengan hati-hati

Mengeringkan rambut terlihat sepele, namun salah satu kesalahan terbanyak yang dilakukan wanita. Jangan pernah mengikat atau menyanggul rambut saat masih basah, lalu menutupi kepala dengan hijab saat helaian rambut belum kering.
Ambil handuk penyerap dan pijat airnya lalu lilitkan sekitar kepala menjadi turban sembari kamu bersiap-siap. Ini memungkinkan rambut cepat kering. Selain itu, luangkan waktu untuk mengeringkan rambut sesekali karena batang rambut bisa menjadi lebih halus.
Meskipun efek panas pada hair drier dapat merusak rambut jika terlalu sering, mengeringkan rambut sesekali sebenarnya akan meningkatkan tekstur rambut. Pastikan untuk menggunakan produk yang tepat dan dilengkapi semacam pelindung panas.
ADVERTISEMENT

Aplikasikan masker rambut satu kali seminggu

Luangkan waktu selama seminggu untuk memanjakan rambut dengan masker mingguan di salon. Jika ingin melakukannya sendiri, kamu bisa pergi ke toko kecantikan dan bertanya kepada pegawai tentang masker apa yang cocok dengan kamu berdasarkan tekstur dan jenis rambut.
Contohnya, rambut keriting sangat cocok dengan masker yang kaya akan pelembab alami. Jika kamu memiliki rambut berminyak, ada juga masker pembersih atau varian untuk mengurangi minyak rambut yang berlebihan.
Peringatan yang penting kamu perhatikan, hindari membiarkan masker terlalu lama, karena dapat menyebabkan kulit kepala berjerawat. Selain itu, masker juga enggak akan meresap ke rambut dan untuk menghindari hasil yang enggak maksimal.

Sisir rambut secara teratur

Menyisir rambut secara teratur adalah cara termudah untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat. Menyisir juga dapat menghilangkan kotoran dari rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, menyisir akan mendorong kulit kepala untuk melepaskan minyak (sebum) dalam jumlah yang tepat agar rambut tetap berkilau. Pada akhirnya, minyak akan terdistribusi ke seluruh rambut, alih-alih tertahan di akar rambut.
Tips Perawatan Rambut untuk Hijabers (98587)
Gambar ilustrasi. Foto: Unsplash/@parkstreet