Woman
·
3 Februari 2021 13:15

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Jilbab atau sekarang lebih populer dengan kata 'hijab' belakangan menjadi tren berbagai kalangan. Tak hanya untuk ibadah, penutup kepala untuk wanita tersebut lekat dengan gaya hidup sehari-hari. Hijab kini berkembang sebagai bagian dari mode yang tak bisa lepas dengan penggunanya.
ADVERTISEMENT
Meskipun begitu, berbagai negara muslim memiliki ciri khas tertentu dalam menggunakan hijab. Ada yang mempertahankan tradisi dan kepercayaan, ada pula yang bertranformasi mengikuti perubahan zaman. Dilansir dari helculture.org, berikut gaya hijab dari seluruh dunia. Mana yang paling kamu suka?

Pakistan

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia (29391)
Malala Yousafzai dengan gaya hijab khas wanita Pakistan. Foto: Youtube/CNN
Dalam foto terkenal Malala Yousafzai, seorang aktivis Pakistan pemenang Nobel Perdamaian, dia sedang menata syalnya dengan gaya klasik khas orang Pakistan. Wanita berusia 24 tahun itu menggantungkan syal (juga disebut dupatta di Pakistan) di sekitar kepalanya dan meninggalkan sedikit rambut di bagian depan.
Warna hijab di Pakistan bervariasi, berkisar dari warna gelap hingga cerah. Dupatta seringkali senada dengan pakaian etnik tradisional yang digunakan. Kombinasi tersebut menampilkan gaya yang selalu elegan, berkelas, dan serbaguna.
ADVERTISEMENT

Afghanistan

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia (29392)
Wanita Afghanistan dengan busana burga. Foto: Youtube: ReedDoor Video
Wanita Afghanistan lekat dengan penutup kepalanya yang khas disebut dengan burga. Burga adalah sepotong pakaian panjang yang menutupi kepala wanita dan sering kali menutupi sampai ke lutut atau pergelangan kaki.
Dengan kata lain, burga menutupi seluruh tubuh kecuali bagian mata yang hanya tertutupi oleh kain jenis jaring. Burga bisa berwarna apa saja, tetapi warna biru merupakan satu yang paling populer di Afghanistan.

Indonesia

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia (29393)
Gaya hijab populer di Indonesia. Foto: Unsplash/@setyaki
Seperti yang diketahui, pengguna hijab di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai inovasi gaya hijab bisa ditemukan, dari yang simpel hingga yang membutuhkan tenaga esktra untuk membentuk gaya yang menarik sesuai tampilan wajah pengguna.
Satu yang mungkin paling umum adalah jilbab menutupi seluruh rambut dan menyisakan kain hijab yang melingkar bagian dada hingga punggung. Kain bagian bawah kepala menciptakan tampilan yang lebih rumit dan unik. Penggunaan tertentu juga sering menggunakan aksesoris pendukung, seperti bros bunga, anting dengan peniti yang dipasang pada kain bagian kuping, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT

Somalia

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia (29394)
Gaya hijab populer wanita Somalia. Foto: Youtube/Vogue
Wanita Somalia menata hijab mereka dengan membuat sorban. Sorban dapat dibentuk dari syal panjang untuk menciptakan tampilan yang lebih bervolume. Wanita Somalia juga dapat mengenakan penutup bagian dada dengan kain lain yang berbeda warna dan pola. Selain itu, mereka suka menambahkan aksesoris tertentu agar terlihat lebih fashionable, seperti anting yang besar dan mencolok.

Suriah

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia (29395)
Salah satu gaya hijab wanita Suriah. Foto: Youtube/Tudung People
Wanita Suriah sering mengenakan jilbab yang dililitkan di kepala dan dikunci dengan pin. Mereka juga sering menambahkan kain lain dengan warna senada untuk menutupi bagian dada. Tak hanya itu, wanita Suriah suka membuat pola bergelombang di atas kepala maupun di bagian leher samping. Selain menutupi seluruh rambut, gaya ini juga menutupi leher dan area dada.
ADVERTISEMENT

Palestina

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia (29396)
Gaya hijab wanita Palestina. Foto: Youtube/INAYAH
Gaya hijab wanita Palestina sangatlah elegan dan bergaya. Mode ini hanya terdiri dari syal yang dibungkus rapat dan menutupi rambut dan leher. Seperti gaya Syria, undercap (bagian yang menutupi dada dan punggung) biasanya dipakai untuk menambah volume dan membantu memastikan hijab tetap terpasang sesuai keinginan.

Iran

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia (29397)
Ilustrasi wanita Iran menggunakan cadar. Foto: Youtube/venus subscriber
Di Iran, wanita sering memakai apa yang dikenal sebagai cadar untuk menutupi aurat. Cadar adalah sepotong kain panjang yang menutupi kepala dan mencapai pinggang (kadang lutut atau pergelangan kaki). Cadar biasanya berwarna hitam dan merupakan tampilan yang serba guna untuk berbagai macam aktivitas. Cadar terlihat berkelas dan gagah bagi mereka yang mengenakannya.

Turki

Yuk, Intip Berbagai Gaya Hijab dari Seluruh Dunia (29398)
Ilustrasi gaya hijab wanita Turki. Foto: Unsplash/@raaminka
Jilbab Turki sangat berkelas dan merepresentasikan gaya modern. Jilbab wanita Turki ada yang menutupi seluruh rambut, namun ada yang menyisakan beberapa helai untuk tetap terlihat. Mereka seringkali menggunakan syal menjadi pita yang elegan di satu sisi leher untuk menambah tampilan feminin dan apik. Hijab terlihat paling unik dengan tampilan simpul di leher.
ADVERTISEMENT