Woman
·
12 Agustus 2020 18:01

Yuk, Ketahui Batasan-batasan Salat Fardhu

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
Yuk, Ketahui Batasan-batasan Salat Fardhu (99163)
Ilustrasi mengerjakan salat. Foto: ANTARA FOTO / Irwansyah Putra
Dalam melaksanakan salat, semua umat Islam mesti tahu batasan-batasan salat fardhu lima waktu yang tepat agar tidak terlewat dari waktu yang seharusnya.
ADVERTISEMENT
Melaksanakan salat adalah bentuk kewajiban setiap Muslim yang sudah berakal baligh dan juga menjadi tiang agama.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ankabut ayat 45 yang artinya:
"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."
Dilansir dari beberapa sumber pada Rabu (12/8/2020), lima salat fardhu, yakni Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya memiliki waktunya masing-masing yang mesti kalian ketahui.
1. Salat Subuh
Untuk permulaan waktu salat Subuh dimulai pada munculnya fajar kedua dan berakhir saat munculnya sinar matahari.
ADVERTISEMENT
2. Salat Zuhur
Ibadah yang dilakukan sebanyak empat rakaat di siang bolong ini dimulai ketika tergelincirnya matahari ke arah barat dari posisi pusat dan berakhir setelah bayang-bayang sesuatu benda telah sama dengan yang aslinya.
3. Salat Ashar
Salat Ashar dimulai ketika habis waktu salat Zuhur atau jika panjang bayang-bayang benda lebih dari panjang benda itu sendiri. Dan akan berakhir, secara jawaz, ketika matahari terbenam.
Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah Saw bersabda,
"Barangsiapa yang sempat mengerjakan satu rakaat sholat subuh sebelum matahari terbit, maka ia tetap mendapati salat Subuh (di dalam waktunya). Barangsiapa yang sempat mengerjakan satu rakaat salat Ashar sebelum matahari terbenam, maka ia telah mendapati salat Ashar (di dalam waktunya)." (HR. Bukhari)
ADVERTISEMENT
4. Salat Maghrib
Nah, ibadah yang dikerjakan sebanyak tiga rakaat ini dapat dilakukan mulai saat waktu terbenamnya matahari sampai terbenamnya shafaq merah.
"Sesungguhnya Rasulullah SAW, bersabda: Waktu salat Maghrib adalah selama awan belum menghilang." (HR. Muslim)
5. Salat Isya
Untuk salat Isya, sebaiknya dikerjakan pada waktu hilangnya awan merah dan berakhir di sepertiga malam. Sedangkan berdasarkan waktu jawaznya, salat Isya berakhir sebelum terbitnya fajar kedua.
"Ingatlah bahwa sesungguhnya tidak ada kelalaian pada orang yang tidur. Sesungguhnya lalai itu terdapat pada orang yang tidak mengerjakan salat sampai datang waktu salat berikutnya." (HR. Muslim)
Itulah batasan-batasan salat wajib lima waktu yang harus kalian ketahui.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white