kumparan
search-gray
Food & Travel1 Agustus 2020 11:27

4 Cara Mengolah Daging Kambing agar Tidak Bau Prengus

Konten Redaksi Hi Pontianak
4 Cara Mengolah Daging Kambing agar Tidak Bau Prengus (141220)
Ilustrasi daging kambing Foto: Thinkstock
Hi!Pontianak - Saat Idul Adha berbagai hidangan dari daging kambing disajikan, seperti gulai, sate, tongseng hingga kebuli. Memang untuk mengolah daging terbilang gampang-gampang susah. Terlebih daging kambing yang memiliki bau yang khas dan tekstur yang alot.
ADVERTISEMENT
Bau daging kambing ini disebut berasal dari feromon pada tubuh kambing, terutama kambing jantan. Tak heran jika banyak yang merasa kesulitan memasak olahan kambing.
Jangan khawatir, kamu bisa mengolah daging kambing tanpa bau prengus. Berikut 4 cara mengolahnya:
1. Tidak Perlu Dicuci
4 Cara Mengolah Daging Kambing agar Tidak Bau Prengus (141221)
Ilustrasi daging kambing Foto: Thinkstock
Bahan masakan memang wajib dicuci sebelum diolah. Namun, aturan ini tidak berlaku untuk daging kambing. Mencuci daging kambing justru membuat bau amis daging makin tajam.
Sebaiknya, langsung mengolah daging semisal dengan menyiapkan air yang dipanaskan, setelah itu baru kemudian dipindah ke air rebusan bumbu dan rempah. Rebus dengan suhu redah ke medium dengan campuran jahe, serai atau kemangi.
2. Baluri dengan Nanas
Nanas menjadi salah satu cara untuk membuat daging kambing lebih empuk sekaligus menghilangkan bau prengusnya. Nanas muda diketahui memiliki getah yang baik dalam menghilangkan bau pada daging.
ADVERTISEMENT
Kamu hanya perlu menghaluskan nanas dan balurkan pada potongan daging yang akan diolah. Diamkan selama 20 menit hingga satu jam agar bau hilang. Sebaiknya hindari terlalu lama menyimpan daging karena dapat membuat tekstur sangat lembut.
3. Hilangkan Bau Amis dengan Jeruk Nipis atau Garam
4 Cara Mengolah Daging Kambing agar Tidak Bau Prengus (141222)
Ilustrasi lemak pada daging kambing Foto: BlackWolfi via Pixabay
Cara ampuh lain untuk menghilangkan bau amis daging adalah melumurinya dengan perasan jeruk nipis. Bau amis berkurang karena jeruk nipis mampu membunuh bakteri. Setelah dibaluri, diamkan daging selama setengah jam lalu bersihkan.
Selain jeruk nipis, garam pun bisa membantu mengurangi bau. Gunakan garam dengan butiran agak kasar dan besar, remaskan pada daging dan diamkan selama sekitar satu jam.
4. Bungkus Daun Pepaya
Selain cara di atas, daun pepaya juga bisa jadi pilihan untuk mengolah daging kurban. Daging pepaya diketahui mengandung zat papain yang membuatnya empuk. Selain dapat menghemat waktu memasak, caranya juga cukup mudah. Cukup remas dan bungkus daging kambing yang sudah di potong-potong. Lalu, daging yang dibungkus daun pepaya didiamkan selama satu jam.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white