Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 12:14

5 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
5 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp (25655)
Ilustrasi WhatsApp. Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Hi!Pontianak - Belakang ini aplikasi chatting, WhatsApp tengah ramai diperbincangkan. Hal tersebut terjadi lantaran kebijakan baru WhatsApp yang mengharuskan pengguna untuk menyetujui berbagi datanya ke Facebook, induk perusahaan WhatsApp.
ADVERTISEMENT
Jika tidak setuju dengan update ini, maka akun WhatsApp pengguna akan dihapus. Langkah WhatsApp itu tak ayal membuat pengguna aplikasi ini mulai mencari aplikasi chating pengganti whatsapp, diantaranya Telegram.
Selain telegram sejatinya masih banyak aplikasi alternatif pengganti WhatsApp. Berikut berapa aplikasi chatting yang bisa kamu coba:
1. Signal
5 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp (25656)
Aplikasi Signal di smartphone. Foto: Signal
Popularitas Signal meningkatkan usai CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk menyarankan penggunaan WhatsApp untuk beralih menggunakan aplikasi chatting ini.
Signal adalah aplikasi perpesanan dan obrolan suara gratis yang berfokus pada privasi. Signal dapat digunakan pada smartphone Apple, Android, dan melalui desktop.
Signal, yang menggunakan nomor telepon seluler untuk registrasi akun ini memiliki fungsi utama tak jauh berbeda dengan aplikasi pesan pada umumnya. Seperti kirim pesan teks, video, audio, dan gambar yang diamankan dengan enkripsi end-to-end. Pengguna juga bisa menelepon atau melakukan video call secara personal atau grup.
ADVERTISEMENT
2. WeChat
5 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp (25657)
Layanan WeChat yang mengalahkan WhatsApp di China. Foto: Feby Dwi Sutianto/kumparan
Aplikasi buatan Tencent ini juga bisa menjadi alternatif pengganti WhatsApp karena punya fitur yang cukup memadai.
Fitur utama yang disajikan juga hampir sama seperti aplikasi perpesanan lainnya, seperti mengirim teks, foto, suara, video, berbagi lokasi dan dapat membuat obrolan grup dengan 500 anggota. Bahkan, aplikasi juga menyuguhkan fitur lain, seperti agregator berita, game, share lokasi, stiker, hingga layanan pembayaran nontunai bernama WeChat Pay.
3. Telegram
5 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp (25658)
Ilustrasi Telegram. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Telegram sudah cukup populer di Indonesia. Aplikasi chat ini juga memiliki berbagai fitur menarik yang tidak kalah dengan Whatsapp.
Telegram adalah aplikasi pesan yang menyediakaan layanan privasi. Telegram memiliki teknologi enkripsi yang membuat percakapan lebih aman. Aplikasi ini juga menyediakan fitur self-destruct yang akan menghapus pesan secara permanen setelah jangka waktu tertentu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Telegram juga mempunyai beberapa fitur yang diunggulkan. Beberapa diantaranya seperti dapat mengirim file berukuran besar, pengguna dapat mengumpulkan hingga 5.000 peserta dalam suatu grup, secret chats, dan masih banyak lagi.
4. LINE
5 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp (25659)
Aplikasi pesan singkat, LINE. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Sama seperti Whatsapp, LINE juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan atau video chat dengan beberapa orang. Ketika melakukan panggilan melalui LINE, pengguna dapat menggunakan fitur efek dan filter sehingga obrolan yang Anda lakukan akan terasa lebih menyenangkan.
LINE juga dapat digunakan sebagai personal social network. Di sini, pengguna dapat memposting foto dan video untuk berbagi momen dengan teman-teman.
5. Viber
5 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp (25660)
Ilustrasi membaca pesan di ponsel. Foto: StockSnap via Pixabay
Aplikasi pengganti WhatsApp selanjutnya adalah Viber. Aplikasi ini memang tidak terlalu populer seperti WhatsApp. Namun, ternyata aplikasi ini merupakan aplikasi hasil kolaborasi dari BBM dan WhatsApp.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, hampir semua fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp juga dimiliki oleh aplikasi ini. Misalnya, panggilan video, panggilan suara, end-to-end, hingga unsend pesan.