kumparan
5 November 2019 12:59

5 Ciri Anak Hebat Karena Mendapatkan Pola Asuh yang Tepat

Ilustrasi stimulasi anak. Foto: Daddy Cavalero
Hi!Pontianak - Mengasuh buah hati menjadi hal yang menyenangkan, sekaligus memberi beban tersendiri bagi orang tua. Banyak cara dan upaya terbaik yang dilakukan, agar pola asuh terhadap buah hati dapat memberikan dampak positif pada tumbuh kembangnya. Sebab, tak jarang pola asuh yang salah akan mengganggu tumbuh kembang anak.
ADVERTISEMENT
Nadene van der Linden, seorang psikolog, dalam buku Tales From The Parenting Trenches, menuliskan tanda-tanda jiwa hebat sang anak berkat pola asuh yang tepat. Berikut 5 tanda pola asuh yang tepat pada anak:
1. Anak mampu mengekspresikan dirinya di depan orang tua.
Ekspresi anak bermain di kolam bola. Foto: Daddy Cavalero
Kemampuan anak untuk berkata "aku sedih, mau menangis", "aku marah/kesal bunda", atau "aku senang sekali hari ini", adalah pertanda kalau orang tua sudah mencontohkan pola asuh tepat dengan perkembangan emosi yang baik.
"Ini merupakan pertanda penting, kalau anak merasa aman secara emosional dengan orang tuanya," tulis Linden.
2. Anak datang ke orang tua saat menghadapi kesulitan.
Orang tua melakukan peranan mengagumkan saat anak mendatanginya pertama kali, saat anak tertimpa masalah, dan dalam fase kesulitan. Ini berarti orang tua telah menyediakan rasa yang begitu aman dan nyaman untuk anak, termasuk ketika mereka membutuhkan pertolongan.
ADVERTISEMENT
3. Anak bisa berdiskusi apapun, tanpa takut reaksi orang tua.
Beberapa orang tua tanpa disadari membatasi komunikasinya dengan sang buah hati, melalui perilaku. Seperti bereaksi yang berlebihan terhadap pikiran atau perasaan yang tidak disukai. Padahal, perilaku tersebut bisa membuat anak membatasi diri dalam berkomunikasi pada orang tua.
"Saat sang anak mampu berdiskusi apapun tanpa takut reaksi dari orang tuanya, di saat itulah pola asuh kepada sang anak sudah tepat," tulis Linden.
4. Anak merasa diterima di lingkungannya.
Anak-anak bermain bersama. Foto: Daddy Cavalero
Anak yang bahagia akan memberikan aura bahagia kepada lingkungannya. Sehingga dengan begitu, sang anak akan sangat mudah dicintai dan diterima di dalam lingkungannya.
5. Anak menunjukan prestasi dalam bidang yang ia senangi.
ADVERTISEMENT
Anak berlatih renang di Kolam Eovang Oeray Pontianak. Foto: Daddy Cavalero
Yang perlu diketahui, kehebatan sang anak tidak hanya berfokus pada bidang akademik saja. Seorang anak dengan pola asuh yang tepat, tentu akan mudah mengembangkan potensi yang ia miliki. Baik itu dalam bidang akademik maupun non akademik. (resi jesita)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan