Woman
·
13 April 2021 10:11

5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Puasa

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Puasa (141967)
Ilustrasi Olahraga Lari. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Hi!Sakinah - Menjalankan puasa Ramadhan di hari pertama bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan sembari menunggu waktu berbuka. Sebaliknya, kita tetap harus aktif bergerak dan menjaga kesehatan dengan beraktivitas seperti biasa, termasuk olahraga.
ADVERTISEMENT
Hanya saja, intensitas olahraga yang dilakukan saat puasa mungkin bisa dikurangi atau tidak dilakukan secara berlebihan. Jenis olahraga yang dilakukan pun, juga harus disesuaikan sehingga tidak membuat tubuh cepat letih.
Berikut 5 jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan agar badan senantiasa bugar dan sehat selama berpuasa:
1. Jalan Santai
5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Puasa (141968)
Ilustrasi perempuan berhijab olahraga sore. Foto: Shutterstock
Sambil ngabuburit menunggu berbuka atau mencari takjil untuk berbuka, kamu bisa melakukan olahraga jalan santai. Dengan jalan santai tubuh tidak akan cepat berkeringat sehingga puasa dapat tetap terjaga dan kesehatan tubuh kamu bisa tetap terjaga terutama pada bagian otot serta tulang.
2. Joging Ringan
Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat bulan puasa paling mudah adalah joging. Cobalah untuk jogging selama 10-15 menit mengelilingi sekitar lingkungan rumah.
ADVERTISEMENT
Joging merupakan olahraga ringan yang sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya. Sehingga kamu bisa melakukannya kapan pun dan tempat yang lebih fleksibel. Usahakan joging sekitar 2 jam sebelum berbuka.
3. Bersepeda
Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda paling nikmat dilakukan pada sore hari sembari ngabuburit sebelum buka puasa. Bersepeda dengan jarak singkat bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan selama berpuasa.
4. Yoga
5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Puasa (141969)
Ilustrasi yoga di rumah. Foto: Shutterstock
Bagi yang ingin berolahraga ringan dengan manfaat jiwa dan raga saat bulan puasa, kamu bisa melakukan yoga. Olahraga ringan ini juga tidak membutuhkan alat apapun, kamu bisa melakukannya diatas matras ataupun karpet pada halaman rumah ataupun kamar tidur.
5. Stretching dan Pemanasan Ringan
ADVERTISEMENT
Terakhir olahraga ringan yang bisa kamu lalukan di rumah ketika puasa adalah pemanasan ringan. Dalam waktu 10 menit kamu bisa melakukan gerakan-gerakan mudah seperti sit-up, push-up, plank, atau lari ditempat.
Meski sederhana, gerakan tersebut dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran dara, melatih otot tubuh, dan mencegah badan kaku setelah seharian duduk.