Woman
·
20 September 2020 13:11

5 Jenis Tanaman Gantung ini Bikin Rumah Lebih Indah

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Tanaman gantung bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin bercocok tanam tapi tak memiliki lahan yang cukup luas.
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Berkebun dan merawat tanaman hias menjadi salah satu pekerjaan yang tengah digemari masyarakat di masa pandemi ini. Namun, seringkali lahan tanam dan ruang yang sempit menjadi kendala untuk menyalurkan hobi baru ini.
Ruang terbatas yang sempit kerap menjadi salah satu alasan orang-orang tidak memiliki tanaman dalam ruangan padahal bisa saja diakali. Salah satunya dengan tanaman gantung. Tanaman gantung bisa menjadi opsi untuk membuat rumah lebih indah dan asri. Bahkan kamu bisa membuat vertical garden.
Selain mempercantik pekarangan rumah, kehadiran tanaman jenis ini juga berguna untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah. Lima tanaman hias di bawah ini bisa menjadi pilihan yang cantik untuk ditanam dalam pot gantung.
ADVERTISEMENT
1. Sirih gading
5 Jenis Tanaman Gantung ini Bikin Rumah Lebih Indah (21988)
Ilustrasi tanaman hias. Foto: Shutterstock
Salah satu jenis tanaman hias gantung yang bisa dicoba adalah sirih gading, atau disebut juga dengan sirih balster heart. Dinamakan sirih, karena bentuk daun pada jenis tanaman ini mirip dengan daun sirih. Bedanya, sirih blaster heart mempunyai corak putih yang terdapat pada daunnya. Tidak heran jika masyarakat Indonesia juga mengenalnya dengan sebutan sirih belanda. Tanaman ini mudah dirawat serta tahan terhadap perubahan cuaca
2. Lili Paris
Lili Paris juga termasuk jenis tanaman hias gantung yang bisa menjadi pilih sebagai ornamen dekorasi rumah gaya minimalis. Bentuk daun yang memanjang berwarna hijau putih ini sangat menarik ketika tumbuh menjulur ke bawah.
Agar tanaman ini tumbuh dengan baik ketika digantung, kamu bisa menggunakan tanah liat serta menggantungnya pada tempat yang cukup lama terpapar sinar matahari. Tanaman ini juga sangat mudah perawatannya serta mudah beradaptasi dengan lingkungannya.
ADVERTISEMENT
3. Anggrek
Anggrek dikenal sebagai salah satu tanaman gantung yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tidak hanya memiliki beragam varietas yang unik, namun juga menambah keindahan rumah. Bunga anggrek dikenal memiliki ragam warna bunga yang indah serta berkhasiat mengurangi stres.
Perawatan tanaman ini cukup mudah, cukup memastikan tanaman ini tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung. Salah satu cara paling umum adalah dengan memasang jaring paranet di atas lahan untuk tanaman ini.
4. Dischidia Geri
Tanaman dischidia Geri juga bisa kamu pilih sebagai dekorasi rumah dengan gaya minimalis. Jenis tanaman gantung yang satu ini mempunyai bentuk daun yang pipih dan kecil, tumbuh sejajar pada batang yang menjuntai ke bawah. Ciri khas ini sangat pas jika ditanam di dalam pot kecil yang digantung.
ADVERTISEMENT
Tidak seperti jenis tanaman lain, tanaman ini tidak terlalu suka daerah yang banyak mendapatkan sinar matahari. Sehingga bagi yang tertarik dengan jenis tanaman ini, sebaiknya tidak meletakkannya di dekat jendela, pintu rumah atau daerah lainnya yang tersorot sinar matahari secara langsung.
5. Geranium
Jenis tanaman hias gantung ini cukup populer sebagai pilihan bunga hias di taman-taman depan rumah atau kebun rumah.
Tanaman gerarium memiliki karakteristiknya yang menarik, yaitu bunga yang tampil dalam berbagai warna seperti merah, putih, merah mudah, biru ataupun ungu menjadikannya jenis bunga hias gantung yang menarik perhatian. Selain itu, Geranium juga bisa tumbuh mencapai 1,2 meter.