Woman15 September 2020 12:40

5 Manfaat Rutin Memijat Payudara bagi Kesehatan

Konten Redaksi Hi Pontianak
5 Manfaat Rutin Memijat Payudara bagi Kesehatan  (850942)
Payudara sakit. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Perawatan payudara dengan dipijat merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap perempuan. Namun, sayangnya hal tersebut masih sering tidak dipahami dengan tepat dan dianggap tabu.
ADVERTISEMENT
Padahal, memijat payudara sangat penting untuk mendiagnosis risiko kanker payudara secara dini dan menghindari risiko lebih lanjut. Selain itu memijat payudara secara rutin juga memiliki manfaat lain.
Berikut ini manfaat memijat payudara secara rutin:
1. Membantu Merangsang Produksi ASI
Bagi ibu yang sedang menyusui, penting sekali memijat area payudara untuk memberikan rangsangan terhadap produksi air susu dan mengurangi rasa nyeri selama menyusui.
Lakukan pijatan pada payudara selama 30 menit selama 10 hari setelah melahirkan dapat membantu menghilangkan nyeri selama ibu menyusui. Selain tiu, memijat payudara pasca melahirkan mampu meningkatkan kualitas produksi ASI.
5 Manfaat Rutin Memijat Payudara bagi Kesehatan  (850943)
Ilustrasi memijat payudara. Foto: Shutterstock
2. Deteksi Kanker
Memijat payudara secara menyeluruh dan rutin bisa jadi cara sederhana deteksi dini kanker payudara. Kanker sering terdeteksi ketika benjolan keras atau jaringan yang tumbuh berlebihan dan dapat dirasakan dengan tangan manusia secara manual.
ADVERTISEMENT
Semakin dini diagnosis, semakin banyak peluang untuk pulih dan mencegah penyakit agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Namun, sebagian besar benjolan ternyata jinak. Meski demikian, bila menemukan benjolan, ada baiknya kamu mengonsultasikannya pada dokter.
3. Mengurangi Stres
Pijat payudara dapat membantu melepaskan oksitosin, hormon yang menyebabkan perasaan senang. Apabila memijat secara rutin dapat mengurangi stres dan membuat perasaan menjadi nyaman. Hormon yang sama ini juga bisa dilepaskan pada saat menyusui dan memeluk orang lain.
5 Manfaat Rutin Memijat Payudara bagi Kesehatan  (850944)
Ilustrasi payudara. Foto: Shutter Stock
4. Meredakan Nyeri Otot
Otot-otot yang sakit setelah olahraga berat bisa memengaruhi kondisi payudara, misalnya push-up dan pull-up. Oleh sebab itu, sangat di sarankan untuk memijat payudara. Sebab, pijat payudara bisa mengurangi ketegangan pada otot di bawah jaringan payudara, otot yang nyeri dan kaku akan lebih rileks sehingga dada tidak terlalu sakit.
ADVERTISEMENT
Pada awalnya mungkin geli karena tidak terbiasa, namun lama-lama kita bisa merasakan bahwa kegiatan ini bisa manjadi perawatan alami menjaga kesehatan payudara.
5. Mempercantik Bentuk Payudara
Selain sebagai penunjang kesehatan, efek pijatan juga sangat baik dalam meningkatkan peredaran darah dan memperbaiki jaringan payudara sehingga lebih kencang.
Setiap wanita memiliki karakteristik payudara yang berbeda-beda. Bagi perempuan yang memiliki payudara kendur, rutin memijat payudara dipercaya dapat memperbaiki penampilan payudara sekaligus memperkuat elastisitas kulit di kedua buah dada ini.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white